Menguak Misteri di Balik Bayi Terbungkus Ketuban Saat Lahir

Bunda mungkin sempat sekali menonton video atau foto yang menampilkan bayi yang lahir dalam keadaan masih diselubungi oleh kantong ketuban. Video tersebut sempat viral dan mengundang kekaguman dari khalayak netizens. Banyak orang yang menghubungkan bahwa bayi terbungkus ketuban saat lahir berarti membawa suatu pertanda bahwa si jabang bayi akan selalu diberkahi dengan keberuntungan.

Dan walaupun bagi kita orang awam kejadian tersebut termasuk ke dalam pemberitaan yang luar biasa, dalam dunia medis hal tersebut sudah dianggap sebagai fenomena yang walaupun sangat langka, tapi dapat dijelaskan dengan akal sehat. Caul adalah kondisi bayi yang terlahir dengan kantong ketuban menutupi sebagian tubuhnya. Caul sendiri berasal dari kata “Caput Galeatum” dari bahasa Yunani yang berarti helm kepala.

Sedangkan kondisi bayi terbungkus ketuban lengkap dengan cairan amnion saat lahir disebut dengan kelahiran En-Caul dan ini sangat umum terjadi ketika ibu melahirkan melalui operasi caesar atau saat bayi dilahirkan prematur. Suatu hasil penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa kelahiran en caul tersebut sering digunakan oleh dokter spesialis bedah kandungan untuk melindungi bayi prematur dari tekanan di dalam rahim. Peristiwa bayi terlahir dalam keadaan en-caul tergolong sangat langka, dengan perbandingan 1:80.000 persalinan.

Baik kelahiran caul maupun kelahiran en-caul sama-sama memiliki persentase yang sangat langka, sehingga sampai saat ini belum  ditemukan alasan jelas di balik fenomena kelahiran tersebut. Dan juga tidak mengherankan jika kondisi tersebut membuat ibu sedikit freak out karena khawatir akan keselamatan buah hatinya. Tapi, Anda tidak perlu khawatir Moms! Karena hampir semua bayi yang terlahir dalam keadaan caul atau en-caul tidak menunjukkan dampak komplikasi apapun, kecuali tentu saja jika komplikasi atau infeksi tersebut memang sudah ada di dalam tubuhnya sejak di dalam rahim.

Lalu, prosedur apa yang dilakukan dokter ketika menemukan kasus kelahiran caul atau en-caul? So simple, Bunda. Jika membran tersebut hanya menutupi sebagian anggota tubuh si kecil, maka mereka cukup memisahkan lapisan tipis tersebut dari tubuh si kecil. Dalam kasus kelahiran En-Caul, dokter akan membuat sayatan tepat di atas lubang hidung bayi sehingga si kecil dapat mulai bernapas. Setelah itu, baru cairan di dalam kantong ketuban dikeluarkan dan dokter akan memisahkan selaput tipis dari tubuh bayi. Dan tentu saja untuk itu mereka melakukannya dengan sangat hati-hati agar jangan sampai kulit bayi ikut sobek.

Nah ternyata peristiwa bayi terbungkus ketuban saat lahir memang hanyalah peristiwa medis, dan tidak memiliki nilai supernatural apapun ya?

author
No Response

Leave a reply "Menguak Misteri di Balik Bayi Terbungkus Ketuban Saat Lahir"