Minum Kopi Bikin Susah Hamil, Benarkah?

Buat penggemar kopi, tidak afdol rasanya jika Anda memulai pagi hari tanpa meneguk secangkir kopi hangat. Kopi sangat digemari karena dapat membantu meningkatkan konsentrasi sekaligus menghilangkan rasa kantuk dan penat. Tapi jika Anda saat ini sedang menjalani program hamil, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi kopi harian Anda. Karena menurut satu penelitian dari Universitas Nevada menunjukkan bahwa minum kopi bikin susah hamil. Wah, benarkah hal itu?minum kopi bikin susah hamil.

Pendapat bahwa minum kopi bikin susah hamil tersebut dimuat di dalam jurnal kedokteran British Journal of Pharmacology. Para peneliti melakukan percobaan dengan menyuntikan kandungan kafein ke dalam tubuh tikus laboratorium betina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar kafein dapat mempengaruhi kemampuan otot-otot tuba fallopi untuk berkontraksi dan memindahkan sel telur dari ovarium ke uterus.

Apabila sel telur tidak dapat mencapai rahim, maka kehamilan pun hampir mustahil terjadi. Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan alasan di balik perempuan yang mengkonsumsi kafein lebih susah hamil dibandingkan dengan wanita yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsi minuman berkafein.

Tapi tunggu dulu! Penelitian yang dilakukan di tahun 2010 menunjukkan tidak adanya hubungan antara konsumsi kafein dengan tingkat keberhasilan kehamilan, walaupun mereka mendeteksi adanya kandungan kafein di sekitar sel telur. Penelitian sebelumnya yang dilakukan pada tahun 2002 menunjukkan bahwa ketidakberhasilan pembuahan sel telur terjadi jika kadar kafein di dalam tubuh Anda mencapai 50 miligram tiap harinya. Dengan kata lain, perempuan yang mengkonsumsi kopi tak lebih dari 2 cangkir tiap harinya memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil.

Dan berhubung tidak ada hasil penelitian manapun yang konsisten, peneliti bidang medis belum ada yang berani menyatakan benar-tidaknya pengaruh kafein di dalam kopi dapat mengakibatkan ketidaksuburan baik pada pria maupun pada wanita. Tapi untuk lebih amannya, sebaiknya seorang perempuan yang ingin hamil membatasi konsumsi kopi sebanyak 2 cangkir saja tiap harinya.

Tidak hanya pada kopi, kafein juga terdapat di dalam beberapa jenis makanan yang lain. Antara lain:

  • Teh
  • Minuman bersoda (soft drinks)
  • Energy drinks
  • Cokelat
  • Kopi Decaf
  • Es krim

Ingin mengurangi asupan kafein agar Anda dapat cepat hamil? Jangan kurangi konsumsi kafein Anda secara mendadak, Moms! Untuk mencegah efek samping seperti kesulitan berkonsentrasi, pusing, dan rasa lelah, cobalah potong asupan kopi secara bertahap. Dengan demikian tubuh Anda pun tidak akan terlalu shock dengan perubahan Anda.

Bagaimana menurut Anda, Moms? Bisakah minum kopi bikin susah hamil?

author
No Response

Leave a reply "Minum Kopi Bikin Susah Hamil, Benarkah?"