Mitos-Mitos Kehamilan Unik dari Seluruh Dunia

Selama menjalani masa kehamilan, pasti Moms sering mendengar mitos-mitos seputar kehamilan yang beredar di masyarakat. Kebanyakan mitos-mitos tersebut berkisar pada mitos kesehatan seperti dilarang memelihara hewan peliharaan kucing saat hamil atau dilarang untuk bepergian dengan menggunakan pesawat. Dan walaupun sudah mulai jarang terdengar, ada juga mitos-mitos kehamilan yang memiliki unsur takhayul. Indonesia ternyata bukanlah satu-satunya negara yang beberapa penduduknya masih percaya dengan takhayul. Simak yuk berbagai macam mitos kehamilan unik yang ada di seluruh penjuru dunia.

  • Larangan Makan Makanan Saat Mengidam

Mengidam makanan atau craving adalah fenomena yang sangat wajar terjadi pada ibu hamil. Beberapa daerah di Indonesia berpendapat bahwa seorang ibu yang tengah mengidam harus mendapatkan makanan yang ia inginkan, otherwise anaknya akan tumbuh dengan kebiasaan meneteskan air liur. Mitos-mitos kehamilan di negara lain justru mengungkapkan sebaliknya.

Di negara-negara Arab misalnya, seorang ibu diperintahkan untuk menahan diri saat mengidam. Mereka percaya bahwa jika sang ibu sampai makan makanan yang ia idamkan saat itu, maka ketika sang anak lahir ia akan memiliki birthmark yang serupa dengan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya.

  • Larangan Menunjuk Pelangi Saat Sedang Hamil

Pelangi adalah salah satu keajaiban alam yang sangat indah.  Ketika Anda melihatnya hal pertama yang Anda lakukan adalah menunjuk pelangi tersebut dengan tangan Anda, kan? Bagi suku Navajo di Amerika Utara, tindakan yang terlihat harmless tersebut bisa mengakibatkan bayi Anda akan terlahir dalam keadaan cacat! Untuk mencegah ibu hamil melihat dan menunjuk pelangi, suku tersebut biasanya memerintahkan ibu hamil untuk masuk ke dalam rumah ketika pelangi melintas di langit. Mitos ini ternyata juga populer di Guatemala dan Filipina.

Sebaliknya, bagi penduduk Skotlandia pelangi justru dianggap sebagai pertanda baik. Menurut dongeng rakyat Skotlandia, jika ada pelangi yang menyentuh rumah seorang wanita hamil maka itu merupakan pertanda bahwa bayi yang ia kandung berjenis kelamin laki-laki.

  • Larangan Mengenakan Kalung Saat Hamil

Masyarakat tradisional Hawaii terkenal dengan busana eksotis lengkap dengan kalung bunga (lei). Tapi jika seorang perempuan Hawaii hamil, maka ia dilarang untuk mengenakan kalung bunga atau objek lain yang dikalungkan di leher. Konon katanya, hal tersebut untuk mencegah sang bayi yang ada di dalam rahim terlilit oleh tali plasenta.

  • Larangan Mengangkat Tangan ke Atas Kepala

Kecemasan akan hal yang sama yang menjadi dasar dari mitos yang terkenal di negara Filipina. Warga Filipina percaya bahwa jika seorang perempuan hamil mengangkat kedua tangannya di atas kepala maka hal tersebut dapat mengakibatkan anaknya terlilit plasenta.

Pernahkah Anda mendengar mitos-mitos kehamilan yang unik dan sulit dicerna oleh akal yang lainnya?

author
No Response

Leave a reply "Mitos-Mitos Kehamilan Unik dari Seluruh Dunia"