Moms, Ini Lho Pentingnya Tes Darah Saat Hamil

Menjalani masa kehamilan yang sehat hingga masa persalinan pastinya menjadi impian bagi setiap ibu hamil, kan? Untuk mencapai masa kesehatan, ibu hamil wajib melakukan pemeriksaan kehamilan berkala dan konsultasi dengan dokter kandungan. Salah satu rangkaian tes yang wajib Anda jalani adalah tes darah. Sayangnya, banyak ibu hamil yang belum paham seberapa besar pentingnya tes darah saat hamil.

Tes darah sangatlah penting bagi ibu hamil untuk membantu tenaga medis dalam mengantisipasi adanya gejala kelainan saluran syaraf atau tulang belakang janin. Selain itu, tes darah juga dapat digunakan untuk membantu mengecek kadar tekanan dan gula darah dari ibu hamil. Ibu hamil yang terkena gestational diabetes dan hipertensi pun dapat segera memperoleh perawatan sehingga baik ibu dan janin dapat terhindar dari resiko komplikasi kehamilan. Setelah tahu pentingnya tes darah saat hamil, ketahui yuk waktu yang tepat sekaligus jenis tes darah yang harus dilakukan.

Waktu yang tepat untuk melakukan tes darah adalah:

  • – Usia kandungan 8-12 minggu
  • – Usia kandungan 28 minggu
  • – Usia kandungan trimester akhir, terutama di saat Bunda sudah mulai merasakan gejala kontraksi

Untuk jenis rangkaian tes darah yang harus dijalani ibu hamil antara lain:

  • Tes Darah Lengkap

Tes ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui jumlah hemoglobin yang ada di dalam sel darah merah ibu. Anemia adalah penyakit kekurangan hemoglobin yang sangat umum menimpa ibu hamil, terutama saat janin sudah tumbuh semakin besar. Untuk mencegahnya, Anda sangat disarankan untuk melakukan tes darah ini.

Tak hanya sel darah merah saja, bahkan jumlah platelet atau sel darah putih pun akan diperiksa. Jika ada peningkatan dalam produksi platelet, maka itu merupakan indikasi dari infeksi yang harus segera ditangani.

  • Tes Golongan Darah, Antibodi, dan Faktor Rhesus

Ibu hamil juga akan menjalani tes golongan darah untuk memeriksa tipe golongan darah yang manakah Anda. Selain itu, rhesus dari darah Anda dan janin pun juga akan diperiksa. Jika rhesus Anda dan janin berlawanan, maka dokter akan segera melakukan tindakan medis yang diperlukan untuk mencegah hal tersebut membahayakan perkembangan janin.

  • Tes Imunitas Terhadap Virus Campak Jerman (Rubella)

Campak jerman adalah salah satu momok mengerikan bagi para ibu hamil. Alasannya adalah karena virus campak yang juga disebut dengan virus Rubella ini dapat mengakibatkan kecacatan fisik pada janin, dan bahkan mengakibatkan janin mati di dalam kandungan (stillbirth). Maka dari itu Moms, selain melakukan vaksinasi Anda pun perlu melakukan pengecekan tes darah untuk mencegah atau menanggulangi penyakit tersebut.

Semoga informasi tentang pentingnya tes darah saat hamil dari Katalog Ibu ini bermanfaat bagi Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Lho Pentingnya Tes Darah Saat Hamil"