Moms, Inilah Cara Atasi Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil

Cara Atasi Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil

Dalam beberapa kasus kehamilan, ibu hamil menghadapi gangguan pada kulit yaitu berupa bercak-bercak warna gelap yang kemudian akan menyebar dan mengubah warna kulit ibu di beberapa bagian tubuh. Banyak dari Anda mungkin akan merasakan ketidaknyamanan bahkan ada kalanya hal tersebut mempengaruhi rasa kepercayaan diri Anda. Selain penyebab dari hiperpigmentasi, kami juga akan memberikan informasi mengenai cara atasi hiperpigmentasi pada ibu hamil.

Untuk mengetahui cara atasi hiperpigmentasi pada ibu hamil, pertama-tama tentu Anda wajib mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab dari hiperpigmentasi ini. Hiperpigmentasi terjadi sebagai hasil dari gejolak hormon yang terjadi di dalam tubuh ibu semenjak masa kehamilan dimulai. Sebagai salah satu respons dari gejolak ketidakseimbangan hormon tersebut adalah kulit tubuh Anda memproduksi zat melanin secara berlebihan.

Selain itu penyebab dari hiperpigmentasi juga bisa muncul sebagai akibat dari efek sinar ultraviolet matahari yang menerpa kulit ibu hamil secara berlebihan. Sinar matahari pagi memang bagus untuk kesehatan kulit ibu, namun sinar matahari di jam 9 hingga jam 3 sore sangatlah ganas karena memiliki radiasi sinar ultraviolet. Radiasi sinar tersebut jika memasuki kulit akan menjadi zat radikal bebas dan mengakibatkan timbulnya hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi juga dapat timbul akibat faktor genetik, stres, serta jika ibu menggunakan produk-produk kosmetik yang berbahaya, terutama saat ibu sedang dalam masa kehamilan.

Sedangkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada ibu hamil adalah sebagai berikut:  Baca juga: Tips Mengatasi Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi

  • Hindari aktivitas keluar rumah di siang hari yang terik. Akan tetapi, jika Anda memiliki keperluan mendesak, jangan lupa untuk menggunakan produk krim tabir surya dengan kandungan SPF 15 atau lebih. Hal tersebut ditujukan untuk melindungi kulit Anda dari ancaman terpapar sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit
  •  Pilihlah produk pengobatan kulit yang mengandung asam glikolat dan asam laktat (alpha hydroxy acid). Kandungan dari krim perawatan tersebut memiliki fungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati serta mengontrol kadar melanin di dalam kulit sehingga mencegah hiperpigmentasi yang semakin parah.
  • Apabila Anda ragu-ragu untuk menggunakan produk krim kimia, Anda dapat melakukan perawatan dengan menggunakan masker gel lidah buaya. Tanaman lidah buaya memiliki khasiat yang dapat membantu memulihkan sel-sel kulit sekaligus menyembuhkan hiperpigmentasi. Dan tidak hanya itu, masker wajah dari gel lidah buaya ini juga memiliki fungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga wajah pun menjadi lebih cerah.

Demikianlah penyebab sekaligus cara atasi hiperpigmentasi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Inilah Cara Atasi Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil"