Moms, Jangan Abaikan Aneka Gejala Kanker pada Anak

Semua orangtua tentunya menginginkan hal yang terbaik bagi anak, termasuk agar terbebas dari penyakit ganas berbahaya seperti kanker. Sayangnya, Moms, kanker anak sering terlambat didiagnosis karena gejala kanker pada anak cenderung diremehkan dan diangggap penyakit biasa. Moms bisa jadi akan berpikiran positif dan tak menduga bahwa buah hati berpotensi terkena kanker. Gejala gangguan kesehatan umum seperti pucat, lesu, dan kehilangan nafsu makan bisa jadi merupakan gejala kanker apabila tak diwaspadai.
Leukemia atau kanker darah, misalnya, merupakan jenis kanker yang paling banyak ditemui pada anak. Gejala kanker pada anak yang mencapai 30% dari seluruh penyakit kanker pada anak ini biasa terjadi pada anak usia 3 hingga 6 tahun. Anak yang mengidap leukemia biasanya akan terlihat pucat dan demam. Demam yang terjadi juga bukanlah suhu ekstrem tinggi sehingga jarang diwaspadai. Anak yang mengidap kanker akan terlihat pucat ketika kadar sel darah merah rendah akibat adanya kanker darah. Demam tanpa sebab, sebaliknya, terjadi karena rendahnya kadar sel darah putih sehingga cenderung mengalami perdarahan abnormal di kulit dan gusi, maupun mimisan.
Gejala kanker pada anak berupa mata membengkak dan membiru, bola mata menonjol, atau kelopak mata tampak turun bisa jadi menunjukkan bahwa anak mengidap kanker saraf simpatis primitif. Kanker yang menyerang kelenjar anak ginjal atau adrenal supra renal tersebut cenderung susah dideteksi hingga kanker pada anak memasuki stadium lanjut. Waspadai ketika anak memiliki benjolan di kepala, mengalami kelumpuhan mendadak, hingga perut membesar dan keras.
Kanker bola mata atau retinoblastoma, sebaliknya, memiliki gejala khas yang bisa diamati dengan mudah. Kanker yang hingga kini menjadi satu-satunya kanker yang bisa dideteksi dini memiliki gejala berupa titik putih pada bola mata yang mneyerupai mata kucing, juling, memar, hingga bengkak di sekitar mata. Kanker yang sering dijumpai pada anak berusia 6 bulan sampai 2 tahun ini bisa mengganggu penglihatan hingga mengubah penampilan mata namun masih bisa ditangani sejak dini.
Kanker tulang atau osteosarkoma merupakan salah satu kanker yang banyak dijumpai pada anak. Menyerang anak mulai usia 10 tahun, kaker tulang memiliki gejala berupa pembengkakan tulang yang progresif serta disertai rasa nyeri dan demam, hingga timbulnya trauma atau benturan seperti jatuh yang tak jelas pemicunya. Sama halnya dengan kanker lainnya yang rentan terjadi pada anak, Moms harus mewaspadai gejalanya sejak dini agar buah hati segera mendapatkan penanganan segera.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Jangan Abaikan Aneka Gejala Kanker pada Anak"