Moms, Waspadai Aneka Penyebab Anak Bosan Sekolah

Meski bersekolah merupakan sebuah rutinitas harian, terkadang ada banyak peristiwa yang bisa menjadi penyebab anak bosan sekolah. Bangun pagi setiap harinya lalu mandi dan sarapan, mengikuti pelajaran seharian di sekolah, hingga mengerjakan tugas dan belajar di rumah. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa merasa jenuh dan stress dengan rutinitas di sekolah.
Beberapa masalah bisa menjadi penyebab anak bosan sekolah sehingga anak malas-malasan bahkan terang-terangan menolak untuk bersekolah. Moms juga perlu mewaspadai ketika si kecil mencari-cari alasan hingga berpura-pura sakit agar dapat menghindari dari rutinitas bersekolah. Tak jarang orangtua yang percaya dengan alasan buah hati hingga pada akhirnya ketahuan tidak ada masalah kesehatan apapun setelah diperiksakan ke dokter.
Alih-alih marah dengan alasan anak untuk tidak masuk sekolah yang seolah dibuat-buat, Moms sebaiknya mewaspadai kasus bullying atau perisakan sebagai salah satu penyebab anak bosan sekolah. Meski tak selalu melibatkan kekerasan fisik, bullying menjadi salah satu masalah terbesar yang dialami anak di sekolah. Meski kasus bullying yang dialaminya begitu besar, seringkali anak tidak mau bercerita kepada orangtua. Cobalah untuk membangun hubungan berkualitas dengan buah hati. Ajaklah si kecil untuk berbicara dengan lebih terbuka sehingga tak ragu menceritakan masalahnya di sekolah.
Sudah jadi rahasia umum bahwa sama halnya dengan negara lainnya di Asia, Indonesia memiliki sistem pendidikan yang kompetitif. Tak jarang, orangtua mengharuskan anak untuk mencapai prestasi memuaskan di bidang akademik. Moms, Anda perlu menyadari bahwa setiap anak dilahirkan berbeda. Bisa jadi anak Anda lebih berbakat di bidang non-akademik. Ketika si kecil terlihat biasa saja di bidang akademik maupun non-akademik, Anda juga tidak perlu kecewa karena beberapa anak memang memiliki kemampuan standar hingga di bawah rata-rata. Ekspektasi orangtua yang berlebihan terhadap prestasi anak di sekolah dapat menimbulkan stres pada anak.
Meski terdengar sepele, rasa bosan bisa menjadi sumber masalah anak yang enggan bersekolah. Pelajaran hingga gaya mengajar guru yang membosankan, misalnya, atau sekedar rasa jenuh terhadap rutinitas bersekolah setiap harinya. Ajaklah buah hati untuk melakukan suatu hal yang berbeda di akhir pekan untuk membantunya melepaskan penat. Bicarakan kepada wali kelas maupun pihak sekolah untuk membantu si kecil mengatasi rasa bosan terhadap rutinitas belajar di sekolah.
Moms, apakah Anda mengetahui dengan siapa anak bergaul di sekolah? Beberapa anak cenderung punya sedikit teman karena memang suka menyendiri. Anak Anda bisa jadi malas bersekolah karena merasa minder tidak punya pergaulan dan makan sendirian di kantin akibat kurang memiliki kemampuan untuk bersosialisasi. Latihlah buah hati Anda untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi sekaligus rasa percaya diri. Moms juga bisa mendorongnya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat dan bakatnya untuk mencari teman-teman baru.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Waspadai Aneka Penyebab Anak Bosan Sekolah"