Pentingnya Mendengarkan Lagu Klasik untuk Ibu Hamil dan Bayi

Pentingnya Mendengarkan Lagu Klasik untuk Ibu Hamil dan Bayi

Lagu klasik untuk ibu hamil – Ketika janin dalam kandungan telah menginjak usia 12 minggu akan terjadi perkembangan yang sangat pesat baik dari segi ukuran maupun kemampuan bayi. Untuk itu perlunya mengembangkan kemampuan bayi sejak dalam kandungan usia ini sangat dibutuhkan, salah satu kemampuan yang harus diasah yaitu pendengarannya.

Mungkin Anda pernah mendengar informasi bahwa mendengarkan lagu klasik untuk ibu hamil membawa dampak yang positif bagi bayi dan ibu hamil sendiri. Namun sayangnya informasi ini belum banyak yang mengetahuinya, hanya sebagian orang yang tau walaupun kadang mereka hanya sekedar tau dan ikut – ikutan saja tanpa mengetahui pentingnya mendegarkan lagu klasik untuk ibu hamil. Karena itu berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat lagu klasik untuk ibu hamil dan bayi

1. Kebanyakan lagu klasik mempunyai tempo yang tenang serta beraturan, hal ini tentu saja membuat ibu hamil merasa nyaman saat beristirahat. Dengan beristirahat yang nyaman dan rileks akan membantu perkembangan otak janin lebih cepat.

2. Dengan mendengarkan lagu klasik dapat menstimulasi bayi di dalam kandungan karena pemberian lagu tersebut dapat membuat bayi mengenal penalaran dasar dan juga prinsip persepsi.

3. Bayi yang terbiasa mendengarkan lagu dan melodi sebelum dilahirkan dapat memberi stimulasi secara mendasar dan ketika telah dilahirkan bayi akan tertarik mendengarkan melodi – melodi sederhana. Hal ini akan merangsang kecerdasan otak kanan yaitu dapat meningkatkan kreatifitas, seni, kepribadian, bahkan mampu meningkatkan indera pendengaran dengan baik.

4. Sebuah penelitian pernah menuliskan bahwa prinsip musik dasar yang di dengarkan bayi ketika dalam kandungan bermanfaat untuk bayi mempelajari ucapan orang yang selalu mengurus mereka dan bayi secara tidak langsung akan belajar bagaimana cara untuk merespon.

5. Irama pada lagu klasik mirip dengan detak jantung ibu yang di dengarkan ketika dalam kandungan dan ketika bayi lahir, ia akan senang bergerak setelah mendengarkan lagu klasik. Hal ini bermanfaat untuk perkembangan bayi dalam hal kontrol motorik, koordinasi dan kekuatatannya.

Untuk itu pentingnya mendengarkan lagu klasik untuk ibu hamil harus dipahami oleh calon ibu agar bayi lahir cerdas. Mendengarkan lagu klasik juga dapat menekan resiko stres dan tegang pada ibu hamil. Baca juga : 7 Manfaat Kacang Kapri Bagi Ibu Hamil Dan Kesehatan

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Mendengarkan Lagu Klasik untuk Ibu Hamil dan Bayi"