Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak, Ini Caranya

kid_cough_web

Tidak ada orangtua yang tidak menginginkan buah hati mereka tetap sehat. Melihat si kecil yang bermain-main dengan riang bersama saudara dan teman-temannya tentu menjadi hiburan tersendiri bagi Anda, bukan? Itulah mengapa, agar mereka tetap dapat menghibur Anda dengan tingkah lakunya yang lucu, Anda wajib menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan anak.

 
Tentu saja, satu-satunya pihak yang wajib menyadari pentingnya menjaga kesehatan anak adalah Anda sendiri selaku orangtua. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan si kecil. Dan jika persyaratan-persyaratan tersebut dilakukan, maka anak pun akan semakin kebal dan terlindungi dari penyakit. Nah, simak yuk hal-hal yang bisa Anda lakukan berikut ini.

 
• Mencukupi asupan gizi anak
Cara pertama dan yang paling utama jika Anda ingin si kecil tetap sehat adalah dengan memberikannya asupan makanan yang bergizi. Anak-anak Anda berada di usia dimana mereka sedang mengalami masa pertumbuhan yang sangat pesat. Oleh karena itu, mereka membutuhkan nutrisi makanan dalam jumlah yang sangat besar untuk mendukung pertumbuhan mereka.

Membiasakan anak-anak agar tidak jajan sembarangan dan membuatkan bekal makanan untuk dibawa ke sekolah bisa menjadi cara yang tepat untuk mengawal makanan yang masuk ke dalam perut mereka.

 
• Melengkapi jadwal imunisasi anak
Terlepas dari berbagai macam kontroversi yang meliputi imunisasi, satu hal yang pasti adalah sistem antibodi tubuh anak masih rentan dan satu-satunya cara untuk menjaganya dari berbagai virus penyakit adalah dengan memberikannya vaksin. Vaksin dapat membantu melatih sistem antibodi anak dalam membentengi tubuh dari sejumlah penyakit seperti tifoid, polio, influenza, hepatitis A, tetanus, dan lain sebagainya.

Sehingga jika kelak anak Anda terpapar virus penyakit, sistem kekebalan tubuh anak akan dapat membunuh virus penyakit tersebut sebelum mengakibatkan dampak negatif terhadap kesehatan anak.

 
• Membiasakan Anak Bermain di Luar
Di zaman sekarang, anak-anak kecil sudah tidak lagi berminat untuk pergi bermain keluar bersama teman-temannya. Ia justru lebih suka meringkuk di dalam kamar sambil memainkan gadget atau menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer.

Padahal, kebiasaan tersebut sangatlah tidak sehat. Tidak hanya radiasi dari peralatan elektronik tersebut dapat membahayakan mata anak Anda, tapi kelak anak Anda bisa menjadi pribadi antisosial akibat kurangnya sosialisasi dengan teman sebayanya. Melarang anak sepenuhnya dari bermain gadget memang hampir mustahil, tapi paling tidak Anda bisa membatasinya. Berikan batas waktu 2 jam untuk bermain gadget dan selebihnya ia harus menghabiskan waktu bermain di luar dan berinteraksi dengan teman-temannya.

 
Demikianlah beberapa tips dalam pentingnya menjaga kesehatan anak. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak, Ini Caranya"