Perlengkapan Dapur: Food Chopper Vs Food Processor

No comment 29006 views

 Perlengkapan Dapur, Food Processor, Food Chopper

Perlengkapan dapur  – Dahulu orang dapat mencincang daging dan makanan secara manual menggunakan pisau dan alat pemotong lainnya. Namun, sekarang kegiatan di dapur Anda dipermudah dengan hadirnya berbagai perlengkapan dapur yang menggunakan tenaga listrik.

Beberapa perlengkapan dapur yang menggunakan tenaga listrik adalah food processor dan food chopper. Jika dilihat secara sekilas, alat-alat tersebut memiliki fungsi yang sama, bukan? Baik food processor maupun food chopper bekerja untuk menghancurkan makanan supaya lebih mudah dinikmati.

Padahal, pada dasarnya perlengkapan dapur unik ini memiliki beberapa perbedaan yang signifikan, antara lain:

  • Food chopper

Chopper adalah perlengkapan dapur stainless steel yang berfungsi untuk memotong makanan menjadi bagian-bagian yang sangat kecil. Besar kecilnya hasil potongan tergantung pada jenis pisau yang digunakan dalam alat tersebut dan tinggi rendahnya kecepatan putaran mesin.

Bentuk food chopper ini juga cenderung lebih kecil dan sederhana. Hal ini membuat perlengkapan dapur terbaik ini bisa digunakan untuk keperluan memasak harian.

Food chopper bekerja menghancurkan makanan mentah yang hendak dimasak, atau makanan matang yang siap disajikan. Dilengkapi dengan tombol angka yang menunjukkan tingkat kecepatan, memudahkan Anda mendapatkan hasil potongan yang dikehendaki.

  • Food processor

Perlengkapan dapur kitchen set ini memiliki fungsi yang sama seperti chopper yaitu untuk memotong makanan sampai menjadi potongan terkecil, hanya saja food processor mampu mengerjakan tugas yang lebih banyak. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan bantuan alat tersebut antara lain:

  1. Membuat adonan yang akan diolah menjadi kue atau masakan. Jika biasanya sebelum memasak Anda perlu menghaluskan bumbu-bumbu secara tradisional, dengan bantuan perlengkapan dapur terbaik tersebut semua bumbu dapat dihaluskan sampai benar-benar tercampur rata.
  2. Memotong sayuran dan buah-buahan yang hendak dimasak. Proses ini sama dengan yang dilakukan oleh food chopper, yaitu memotong makanan sampai hancur.
  3. Membuat parutan keju dan kelapa tanpa membuatnya hancur sampai lembut. Jika Anda hendak menikmati salad dengan taburan keju atau kelapa, perlengkapan dapur unik ini bisa digunakan. Siapkanlah beberapa potong keju dan kelapa lalu masukkan ke dalam processor secara bergantian.
  4. Menggiling daging sebelum memasaknya. Cara ini sangat menguntungkan anak-anak dan bayi yang masih belajar mengunyah, namun butuh energi tambahan dari daging. Perlengkapan dapur tersebut dapat membantu Anda menghancurkan daging ayam, daging sapi dan sebagainya supaya lebih mudah dikunyah setelah matang.

Itulah beberapa perbedaan food processor dan food chopper sebagai perlengkapan dapur Anda. Meskipun berbeda, namun kedua alat ini bertujuan melancarkan kegiatan memasak untuk menghadirkan masakan yang lezat bagi keluarga tercinta.

Anda juga bisa mendapatkan kedua alat ini dengan mudah, seperti di toko perlengkapan dapur online maupun membeli langsung di toko terdekat. Akan tetapi, jangan lupa untuk membersihkannya setelah digunakan ya, agar peralatan dapur ini bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

author
No Response

Leave a reply "Perlengkapan Dapur: Food Chopper Vs Food Processor"