Posisi Tidur Ibu Hamil Telentang Bisa Berakibat Fatal?

Di usia kehamilan trimester ketiga, perut Anda akan semakin membesar dan semakin berat. Berjalan saja sudah mulai sedikit sulit, apalagi ketika Anda akan tidur. Anda harus menemukan posisi tidur yang nyaman bagi Anda dan juga aman untuk bayi yang ada di dalam kandungan Anda. Beberapa ibu hamil memilih posisi tidur telentang karena dinilai lebih aman. Padahal, posisi tidur ibu hamil telentang justru bisa membahayakan nyawa bayi lho.

Sekelompok research team dari University of Auckland menemukan fakta bahwa posisi tidur ibu hamil dengan posisi terlentang bisa mengakibatkan terhambatnya pasokan oksigen untuk bayi, akibat sleep apnea yang dialami oleh ibu selama tidur.  Sebagai akibatnya, detak jantung bayi pun mulai melambat sehingga mengakibatkan bayi mengalami stillbirth alias mati di dalam rahim.

Menurut data dari WHO, kejadian stillbirth ini cukup marak terjadi dengan angka kasus  sekitar 2,6 juta di seluruh dunia. Apalagi di negara-negara berkembang di Indonesia, yang mana 19 dari 1000 kasus kehamilan di Indonesia merupakan kasus janin yang mati di dalam kandungan. Apa beda stillbirth dengan miscarriage? Seorang ibu bisa dibilang mengalami kehamilan stillbirth apabila usia janin di dalam kandungan berusia 20 minggu ke atas. Sebaliknya, jika janin meninggal sebelum usia kehamilan 20 minggu, maka sang ibu dinyatakan mengalami keguguran.

Resiko bayi mengalami stillbirth gara-gara ibu tidur terlentang semakin meningkat apabila Bunda memiliki kecenderungan mengalami sleep apnea (kesulitan bernapas saat tidur). Selain itu ibu hamil yang punya kebiasaan merokok dan mengidap hipertensi memiliki resiko mengalami stillbirth pregnancy dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak pernah merokok dan memiliki tekanan darah yang normal.

Banyak peneliti menyarankan Anda untuk memilih posisi tidur menyamping ke sebelah kiri. Tidur menyamping ke kiri terbukti dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke organ-organ vital termasuk ke rahim. Organ hati Anda pun tidak akan tertekan, dan juga membantu mencegah terjadinya edema  atau pembengkakan di pergelangan kaki dan tangan.

Selain itu, untuk membantu membuat posisi tidur Anda jadi lebih nyaman Anda bisa menggunakan bantal sebagai sandaran. Untuk melancarkan pernapasan Anda selama tidur, Moms bisa meletakkan bantal di bagian bawah sisi tubuh untuk menaikkan posisi dada. Atau, Anda dapat mengganjal bantal di bagian perut dan punggung untuk mencegah posisi tidur Anda berubah.

Semoga penjelasan tentang posisi tidur ibu hamil di atas bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Posisi Tidur Ibu Hamil Telentang Bisa Berakibat Fatal?"