Resolusi Parenting 2018, Apa Resolusi Anda?

Tahun 2018 akhirnya tiba juga. Bagaikan membuka lembaran hidup baru, kita tentu menyambut tahun ini dengan penuh rasa optimis bahwa masing-masing resolusi yang Anda susun tahun ini akan berhasil Anda raih. Dan menjadi sosok orangtua yang baik tentunya menjadi salah satu resolusi dari setiap orangtua, termasuk Anda kan? Resolusi parenting 2018 apa sajakah yang bisa Anda wujudkan di tahun 2018 ini?

  • Hadirlah untuk Anak Anda Sepenuhnya

Satu hal yang memprihatinkan modern parents adalah, mereka terlalu sibuk dengan gadget yang ada di genggaman mereka. Bahkan ketika mereka menghabiskan waktu liburan, mereka tidak pernah melepaskan perhatian mereka dari layar smartphone atau tab. Atau Anda akan ter-distract dengan pikiran-pikiran tentang pekerjaan di kantor sehingga Anda sering mengabaikan anak Anda ketika ia bercerita. Untuk resolusi parenting 2018, pertama-tama jadilah pendengar yang baik.

Yang perlu Anda lakukan sangat sederhana. Letakkan gadget Anda, dan fokuskan perhatian Anda sepenuhnya pada anak Anda. Dengarkan dan berikan respons saat mereka bercerita, dan bermain-mainlah bersama dengan anak Anda. Seorang anak yang mendapatkan perhatian penuh dari orangtuanya akan merasa ia dihargai dan ia tidak perlu meluapkan tantrum untuk mendapatkan perhatian Anda.

  • Kurangi Kebiasaan Berteriak

Granted, membesarkan seorang anak memang bukan perkara gampang. Akan ada kalanya Anda merasa frustrasi dan berteriak atau membentak anak Anda. Dan walaupun hal tersebut bisa dimengerti, tapi terlalu sering berteriak dapat mengakibatkan anak tumbuh dengan kesehatan mental yang terganggu. Anak bisa jadi memiliki perangai kasar dan agresif, atau sebaliknya anak justru menjadi minder dan lebih mudah terkena depresi kelak.

Coba praktekkan trik ini saat Anda kesal kepada anak Anda, Moms. Ketika Anda merasakan keinginan untuk berteriak, tahanlah keinginan tersebut dengan bernapas dalam-dalam. Bernapas dalam-dalam terbukti dapat membantu menurunkan emosi dan menjernihkan pikiran.

Atau, Anda juga bisa menyingkir sejenak untuk menyendiri. Duduklah di sofa atau berbaringlah di tempat tidur dan bernapaslah pelan-pelan. Anda tidak hanya akan dapat menurunkan emosi, tapi juga memberikan contoh yang benar pada anak-anak Anda akan cara untuk mengontrol emosi saat mereka sedang marah.

  • Lebih Memberikan Perhatian pada Diri Sendiri

Seringkali seorang ibu dituntut untuk terus-menerus memperhatikan anak dan suaminya, sehingga tak jarang ia sampai lupa untuk memperhatikan dirinya sendiri. Padahal tidak ada salahnya lho untuk sesekali memanjakan diri Anda. Melakukan “me” time sesekali dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai bukanlah hal yang egois( Heck, bahkan Anda punya hak untuk itu!). Jika Anda bahagia, anak Anda pun pasti ikut bahagia Moms. So don’t be ashamed!

Apa resolusi parenting 2018 yang akan Anda capai tahun ini?

author
No Response

Leave a reply "Resolusi Parenting 2018, Apa Resolusi Anda?"