Retak pada Puting Susu ; Ini yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu masalah yang paling sering menimpa ibu menyusui adalah rasa sakit yang disebabkan akibat puting susu yang retak. Retak pada puting susu tersebut mengakibatkan rasa sakit dan membuat ibu jadi semakin urung menyusui si kecil. Nipple fissures bisa terjadi di satu atau bahkan kedua puting payudara. Gejala yang paling terlihat adalah terjadinya kulit di sekitar area puting menjadi tebal, kering, dan pecah-pecah. Tidak jarang, retakan tersebut mengelupas sehingga mengakibatkan puting berdarah dan rasa perih.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan retak pada puting susu. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pemilihan Posisi Menyusui yang Tidak Tepat

Posisi menyusui yang salah tidak hanya mengakibatkan Anda (dan bayi) merasa tidak nyaman, tapi juga dapat mengakibatkan keretakan pada puting payudara. Satu-satunya cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan mengetahui dan mempraktekkan posisi menyusui yang benar. Pastikan bahwa posisi menyusui Anda memungkinkan pelekatan sempurna antara bibir bayi dengan puting sehingga memudahkan bayi dalam mengisap ASI.

  • Infeksi Payudara (Mastitis)

Terjadinya infeksi pada payudara juga bisa mengakibatkan puting payudara menjadi lecet dan retak. Infeksi payudara umumnya ditandai dengan payudara yang terlihat membengkak dan memerah, dan disertai dengan rasa nyeri. Penyebab infeksi payudara bisa bermacam-macam. Aliran ASI yang tidak lancar, atau bahkan infeksi dari bakteri yang masuk ke dalam saluran ASI menjadi penyebab utama dari infeksi payudara.

Dan walaupun bakteri tersebut tidak mencemari ASI, tapi tetap saja mastitis mengakibatkan ibu merasa tidak nyaman selama menyusui. Konsumsi obat antibiotik dari dokter dapat membantu membunuh bakteri dan menyembuhkan mastitis.

  • Eksim

Keretakan pada puting payudara juga bisa disebabkan oleh eczema atau eksim. Seperti yang kita tahu, eksim bisa mengakibatkan kulit Anda menjadi kering, bersisik, dan disertai dengan rasa gatal dan perih. Eksim bisa timbul sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap makanan tertentu atau akibat kondisi iklim dan polusi lingkungan.

Apabila Anda curiga bahwa Anda ternyata memiliki eksim, Anda dapat meminta resep salep pereda gatal atau mengaplikasikan krim pelembap pada puting Anda. Tapi berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter kulit dan dokter kandungan untuk mendapatkan obat salep eksim yang cocok untuk ibu menyusui.

Cara yang paling aman untuk meredakan retak pada puting susu adalah dengan mengaplikasikan sedikit ASI pada bagian puting untuk membantu membunuh bakteri. Hindari penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras untuk mencegah kulit puting menjadi semakin kering. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Retak pada Puting Susu ; Ini yang Perlu Anda Ketahui"