Senam Nifas; Ketahui Manfaat dan Cara Melakukannya

Masa menegangkan kehamilan 9 bulan dan momen persalinan yang mendebarkan sudah terlewati, dan kini si kecil sudah ada di dalam pelukan Anda. Setelah melahirkan, stamina Anda pasti juga belum pulih sepenuhnya sehingga untuk berolahraga pun sudah pasti Anda merasa sangat malas. Tapi, tahukah Anda kalau senam pasca melahirkan, atau senam nifas memiliki banyak manfaat? 

Setelah 9 bulan menampung bayi Anda, kini organ reproduksi Anda akan menyusut kembali ke ukuran semula sekaligus membersihkan sisa-sisa kehamilan dari dalam tubuh Anda. Seringkali sisa-sisa kehamilan tersebut dikeluarkan dari dalam rahim dalam bentuk darah, yang disebut dengan darah nifas. Dan umumnya, nifas terjadi selama 40 hari setelah proses persalinan. Salah satu manfaat dari senam nifas adalah membantu mempercepat proses pemulihan organ dan otot-otot perut dan panggul Anda, Moms.  

Selain itu, seringkali beberapa minggu setelah melahirkan seorang ibu hamil dapat terkena baby blues syndrome. Baby blues syndrome bisa disebabkan oleh gejolak hormon yang terjadi pada ibu selama masa nifas. Pergolakan hormon tersebut mengakibatkan ibu menjadi gampang sedih dan marah-marah. Nah, untuk membantu memperingan gejala sindrom tersebut tidak ada salahnya Anda mencoba senam nifas. Karena sama seperti jenis olahraga lain, senam nifas membantu tubuh memproduksi happy hormone alias hormon endorfin yang dapat membantu Anda jadi lebih rileks, menurunkan stres, sehingga membantu Moms untuk tidur lebih nyenyak. 

Mulai merasa termotivasi untuk melakukan senam ini? Pertama-tama pilihlah posisi yang paling nyaman buat Anda, baik itu dengan berbaring, duduk, maupun berdiri. Langkah kedua, atur pernapasan Anda dengan santai untuk membantu merileksasi otot-otot perut dan panggul. Setelah itu, baru kencangkan otot panggul bagian bawah dan tahan selama 5 hingga 10 detik. Perlahan-lahan, kurangi tekanan pada otot tersebut secara perlahan-lahan. Lakukan latihan otot ini sebanyak 10 kali tiap set. Dalam sehari, lakukan paling tidak 5-6 set setiap hari.  

Oh ya, tapi harap diingat bahwa sebaiknya Anda tidak terlalu memaksakan diri. Apalagi jika Anda baru saja menjalani minggu pertama setelah persalinan. Lakukan latihan ini begitu Anda sudah siap untuk melakukannya, dan Anda bahkan bisa meminta saran dari dokter kandungan. Tidak hanya untuk ibu yang melahirkan secara normal, senam nifas ini juga aman dilakukan bagi Anda yang baru saja menjalani operasi caesar. Hanya saja, paling tidak tunggu hingga luka operasi Anda sudah benar-benar pulih.  

Siap melakukan senam nifas? 

author
No Response

Leave a reply "Senam Nifas; Ketahui Manfaat dan Cara Melakukannya"