Sesuaikah Mainan yang Anda Berikan dengan Usia si Kecil?

mainan anak

Mainan merupakan hal yang sangat dekat dengan dunia anak. Mainan juga merupakan salah satu bentuk stimulasi bagi anak. Memberi mainan yang tepat untuk anak membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Namun, tidak semua orang tua memahami bagaimana cara memilih mainan yang sesuai dengan usia si buah hati.

Berikut usia dan jenis mainan yang cocok untuk si buah hati.

  • Usia 1-3 bulan

Usia 1-3 bulan, anak belum bisa melihat dengan jelas. Oleh karena itu, ibu cerdas harus memilih mainan dengan warna yang cerah, datar dan merangsang gerak motorik anak. Pilihlah warna yang dapat membantu si Kecil untuk melihat dengan jelas warna dan bentuk mainannya. Selain itu, pilihlah mainan yang merangsang si kecil membuka kepalan tangannya serta mengeluarkan bunyi untuk membantu saraf pendengarannya.

  • Usia 3-6 bulan

Usia 3-6 bulan, si Kecil mulai bisa menggunakan jemarinya untuk meraih sesuatu yang berada di sekelilingnya. Anak juga mulai suka menggigit sesuatu yang dipegangnya. Ibu yang cerdas bisa memberikan si Kecil mainan yang bertekstur lembut untuk digigit dan juga merangsang gerak motorik anak. Memberikan mainan yang mengapung saat dia mandi juga bisa menjadi solusinya. Selain itu, permainan yang digantung di boks tidur si Kecil juga bisa membantu melatih gerak motorik si Kecil.

  • Usia 6-9 bulan

Usia 6-9 bulan, anak mulai bisa memindahkan, berinteraksi, dan menjepit benda tipis. Ibu cerdas bisa memberikan si Kecil boneka untuk melatih interaksinya. Selain itu, Ibu juga bisa memberikan drum untuk melatih gerak motorik kasar pada anak. Buku tipis yang berisi gambar-gambar menarik juga bisa diberikan agar anak bisa belajar menjepit benda-benda tipis. Ibu cerdas harus sabar jika si Kecil masih lamban untuk melalukan gerak motorik kasar.

  • Usia 9-12 bulan

Usia 9-12 bulan anak mulai bisa melakukan interaksi lebih dengan benda-benda disekitarnya misalnya dengan bantuan boneka tangan. Boneka tangan juga bisa membantu melatih kelancaran berbahasanya dan mengekspresikan diri. Berikan telepon atau keyboard kecil untuk menstimulus gerak jemarinya. Ibu cerdas juga bisa memberikan balok-balok susun yang juga menstimulasi gerak kasarnya. Apabila si kecil sudah berusia 12 bulan, ibu cerdas bisa mengajaknya bermain di luar rumah. Kolam renang mini, ayunan, kuda tunggang bisa dijadikan pilihan permainan anak di luar rumah. Ibu cerdas juga bisa melatihkan anak untuk makan sendiri.

Bagaimana Bunda, sudahkan memilih mainan yang cocok untuk si Kecil?

author
No Response

Leave a reply "Sesuaikah Mainan yang Anda Berikan dengan Usia si Kecil?"