Simak Tips Menangani Anak yang Mudah Sakit

mengatasi-pilek-pada-anak

Di setiap keluarga yang memiliki anak kecil, tentunya melakukan kunjungan ke dokter anak bagaikan menjadi bagian dari rutinitas. Memeriksakan anak Anda ke dokter berkali-kali memang bukan hal yang aneh, terutama mengingat sistem antibodi anak yang memang belum terbentuk dengan sempurna. Jadi jangan heran jika ia menjadi mudah sakit. Namun terkadang penyebab dari anak menjadi mudah sakit pun beragam. Bisa jadi karena ia memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Lalu, bagaimanakah tips menangani anak yang mudah sakit?

 
• Membiasakan Anak Agar Tetap Aktif
Bermain-main di luar rumah seperti bermain kejar-kejaran, petak umpet, atau bermain bola merupakan salah satu bentuk permainan sekaligus olahraga, yang pastinya bisa menjadi salah satu tips menangani anak yang mudah sakit.

Dengan bermain-main dan beraktivitas fisik di luar rumah, sistem metabolisme tubuh anak pun akan menjadi aktif dan di saat yang sama membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Tapi berhati-hatilah agar sang anak tidak terlalu kelelahan saat bermain.

 
• Membiasakan Anak Tidur Tepat Waktu
Anak kecil, terutama anak balita membutuhkan waktu istirahat yang jauh lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Jika mereka memperoleh waktu tidur yang cukup, maka sistem kekebalan tubuh mereka pun akan semakin meningkat dan dapat menjaga si kecil dengan lebih maksimal. Sebaliknya jika mereka tidak memiliki jatah tidur yang cukup, maka resiko mereka terkena penyakit akan meningkat hingga 2 kali lipat.

Anak-anak membutuhkan waktu tidur secara total 11-13 jam per-hari. Untuk membantu mempermudah agar anak dapat tidur lebih nyenyak di malam hari, biarkanlah anak-anak Anda bermain-main dengan aktif di luar. Dengan begitu, mereka akan tidur lebih nyenyak di malam hari.

 
• Membiasakan Anak Mencuci Tangan
Kebiasaan hidup yang sehat akan membantu membentuk fisik yang tangguh, dan hal tersebut bisa dimulai dengan hal sesederhana mencuci tangan. Setelah anak selesai bermain, pulang dari sekolah, atau aktivitas lainnya, ajarkan anak Anda agar rajin mencuci tangan mereka dengan sabun. Atau jika ingin solusi yang lebih praktis, Anda dapat membekalinya dengan hand sanitizer gel.

 
• Memberikan Asupan Makanan Seimbang dan Bergizi
Salah satu cara untuk membantu meningkatkan sistem antibodi tubuh anak adalah dengan menyajikan hidangan yang kaya akan vitamin dan nutrisi penting lainnya. Anda dapat mulai membiasakan anak-anak Anda untuk menyukai buah-buahan dan sayur mayur dengan membuatkan hidangan lezat seperti salad sayur atau cake buah.

 
Demikianlah beberapa tips menangani anak yang mudah sakit. Semoga informasi ini bermanfaat, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Simak Tips Menangani Anak yang Mudah Sakit"