Smart Moms, Simak Cara Menidurkan Bayi tanpa Digendong


Moms tentu sepakat bahwa setiap orangtua pasti menginginkan hal terbaik untuk sang buah hati, terutama seorang Ibu yang telah mengandung dan melahirkan. Anda tentu akan melakukan segala hal untuk memenuhi kebutuhan buah hati, salah satunya ialah kebutuhan untuk tidur. Dengan tidur, perkembangan otak bayi akan berjalan dengan optimal. Uniknya, kebanyakan orangtua baru meyakini bahwa bayi hanya bisa ditidurkan dengan cara digendong. Namun benarkah demikian?
Faktanya, ada banyak cara menidurkan bayi tanpa digendong. Menggendong bayi terus-menerus hanya akan menguras energi Anda dan membuat bayi manja. Anda juga akan kehilangan waktu tidur yang sangat berharga karena Moms harusnya bisa tidur bersama dengan bayi, alih-alih menggendongnya. Menggendong dengan mengayun-ayun bayi hingga tertidur juga akan menciptakan kebiasaan buruk yang susah dihilangkan hingga bayi bertambah usia.
Cara menidurkan bayi tanpa digendong yang pertama ialah jangan segera menggendong bayi saat si kecil terbangun tengah malam. Biarkan selama beberapa menit hingga bayi kembali tertidur dengan sendirinya. Jika cara tersebut tak berhasil, sentuh dan peluk bayi di ranjang hingga tertidur. Jika cara tersebut masih sulit menidurkan bayi, Moms bisa menggunakan ranjang bayi yang bisa digoyang untuk membantu menidurkan bayi tanpa digendong.
Pada dasarnya, bayi berusia lebih dari 6 hingga 8 minggu sudah dapat Anda latih dan biasakan untuk tidur sendiri tanpa digendong. Apabila Anda terlanjur terbiasa menggendong dan mengayun-ayun si kecilajarkan untuk kambali tertidur tanpa digendong, namun temani ia hingga tertidur. Apabila Anda biasa meletakkan bayi di ranjang bayi, cobalah mengajaknya tidur di ranjang Anda. Tidurlah di sebelah bayi sambil memeluknya hingga lelap. Moms juga bisa menepuk-nepuk lembut pada pantat dan punggung bayi sambil menyanyikan ninabobo.
Cara menidurkan bayi tanpa digendong yang lainnya ialah dengan memperdengarkan bunyi-bunyian ritmis. Irama konstan yang disebut juga dengan white noise tersebut terbukti manjur membantu manusia jatuh tertidur, terutama pada bayi. Bunyikan setiap hari menjelang waktu tidur bayi untuk menjadikan kebiasaan sekaligus membantunya lekas terlelap. Suara ritmis semacam itu dapat membuat bayi nyaman dan tenang hingga tidur dengan sendirinya karena mirip dengan bunyi detak jantung Ibu saat buah hati masih dalam kandungan.
Apabila Moms menyusui si kecil, berikan bayi Anda asupan ASI ekstra setelah bayi tidur dan sebelum Anda kembali tidur. Hal tersebut akan memperpanjang waktu tidur bayi sehingga Anda tak perlu menidurkannya kembali di tengah malam atau pagi buta. Ketika bayi tak lekas tertidur, damping si kecil di sisinya di tempat tidur sambil memeluknya, namun jangan memandang mata bayi. Melakukan kontak mata dengan bayi terbukti dapat menstimulasi bayi agar tetap terjaga sehingga tak lekas tertidur meski si kecil sejatinya telah mengantuk.
Apabila bayi cenderung tidur lebih lama di siang hari, kondisikan agar si kecil tidur lebih lama di malam hari. Gunakan penerangan ekstra dengan lampu bercahaya putih kebiruan di kamar bayi atau sekedar lampu redup untuk membantu menyesuaikan jam biologis bayi dan membiasakannya tidur begitu malam tiba.

author
No Response

Leave a reply "Smart Moms, Simak Cara Menidurkan Bayi tanpa Digendong"