Sudah Tahu Alasan di Balik Kenapa Ibu Hamil Sering Ngidam?

 

Woman looking at stack of donuts in awe

Peristiwa ngidam adalah sebuah fenomena yang sangat sering terjadi pada ibu hamil. Ngidam ditandai dengan ibu yang mendadak mengalami craving atau nafsu makan yang besar terhadap makanan tertentu. Dan tidak jarang makanan yang diidamkan oleh ibu hamil sangat tidak masuk akal, seperti craving terhadap crayon misalnya. Tahukah Anda kenapa ibu hamil sering ngidam?
Jadi adakah alasan di balik kenapa ibu hamil sering ngidam? Faktanya tidak banyak yang mengetahui penyebab di balik peristiwa ngidam pada ibu hamil. walaupun demikian, beberapa peneliti sempat menjadikan topik ini sebagai bahan penelitian mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara perasaan ngidam tersebut dengan kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil.
Saat tubuh kekurangan asupan zat besi, misalnya. Maka tubuh akan memberikan sinyal pada otak, dan otak menyampaikan pesan tersebut dalam bentuk ngidam makanan yang kaya akan zat besi. Begitu juga jika tubuh kekurangan zat karbohidrat, maka Anda akan ngidam berbagai macam makanan yang manis.
Selain itu, faktor ngidam juga bisa disebabkan oleh perubahan kadar hormon. Karena seperti yang sudah kita ketahui, ibu hamil akan mengalami gejolak hormon yang terjadi terutama pada saat awal kehamilan. Umumnya ibu akan mengalami ngidam selama 1-3 bulan awal kehamilan, dan secara perlahan nafsu ngidam tersebut pun akan menurun dan hilang sepenuhnya di usia kehamilan 4 bulan. Tapi tidak jarang peristiwa ngidam tersebut terus terjadi hingga usia kehamilan trimester ketiga. Jika hal tersebut terjadi biasanya disebabkan oleh faktor psikologis ibu hamil.
Beberapa makanan memang tidak apa-apa untuk diberikan pada ibu hamil, contohnya jika ibu hamil mengidam makan buah-buahan atau sayuran tertentu. Tapi Anda perlu berhati-hati karena beberapa jenis makanan akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Makanan seperti gorengan atau kue dengan kadar gula yang tinggi dapat mengakibatkan hipertensi atau diabetes, yang mana keduanya dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan.
Anda dapat memuaskan rasa ngidam Anda dengan hidangan lain yang bisa Anda kreasikan, dan pastinya sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan kehamilan Anda. Misalnya, jika Bunda mengidam keripik kentang, alih-alih beli keripik kentang kemasan coba buat kentang panggang atau kentang rebus sendiri. Popcorn tanpa campuran mentega juga bisa jadi camilan yang menyehatkan dan memuaskan craving Anda.
Sudah tahu kan alasan di balik kenapa ibu hamil sering ngidam?

author
No Response

Leave a reply "Sudah Tahu Alasan di Balik Kenapa Ibu Hamil Sering Ngidam?"