Sudah Tahu Manfaat Anak Berlatih Menggambar dan Mewarnai?

Menggambar dan mewarnai menjadi aktivitas yang hampir disukai oleh semua anak. Bagi orangtua, aktivitas ini juga paling disukai karena hanya membutuhkan modal yang sangat sedikit dan hampir dapat dilakukan oleh anak Anda dimanapun dan kapanpun ia mau. Terlebih lagi di tengah-tengah musim hujan seperti ini, menggambar dan mewarnai bisa jadi aktivitas yang dapat mengalihkan rasa bosan anak gara-gara tak bisa main ke luar. Tapi selain itu, ternyata ada manfaat anak berlatih menggambar dan mewarnai yang lain lho.

  • Membantu Kemampuan Menulis Anak

Yes, believe it or not ternyata kemampuan menulis si kecil bisa terpupuk sejak dini dengan latihan menggambar dan menulis. Singkatnya, manfaat anak berlatih menggambar dan mewarnai yang pertama adalah membantu melatih kekuatan dan ketangkasan dalam mengontrol gerak pensil di atas kertas. Anak Anda juga lebih mudah dalam belajar menggenggam pensil dengan benar. Siapa yang mengira, ya?

  • Menjadi Alat Terapi Psikologis Bagi Anak

Emosi adalah satu hal yang membingungkan, bahkan banyak dari kita para orang dewasa yang tidak dapat mengekspresikan perasaan kita dengan tepat. Apalagi ketika kebingungan tersebut melanda anak Anda. Di luar dugaan, anak bisa mengalami berbagai macam emosi yang campur aduk. Dan tak jarang emosi yang dirasakan adalah emosi negatif seperti rasa trauma.

Anak yang tidak dapat mengekspresikan emosinya dengan leluasa bisa mengalami depresi atau sering melepaskan tantrum. Dan salah satu hal yang bisa menjadi outlet sempurna baginya adalah menggambar dan mewarnai. Anak Anda tentunya mendapatkan media peluapan emosi yang memberikannya kemerdekaan penuh tanpa ia harus khawatir akan penghakiman orang lain. Art therapy akhir-akhir ini menjadi jenis terapi yang paling disukai tak hanya untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa lho.

  • Melatih Kesabaran dan Ketenangan Anak

Punya anak yang tidak sabaran atau tidak bisa diam? Tidak ada salahnya Anda mendampinginya untuk mewarnai atau menggambar. Memperkenalkan aktivitas ini membantu si kecil untuk bersabar tapi tetap rileks dalam mewarnai suatu gambar. Tak hanya itu, anak Anda juga akan memiliki “sense of accomplishment” atau rasa keberhasilan yang tinggi begitu ia melihat karya gambarnya. Jangan lupa untuk memberikannya pujian ya, Moms.

  • Mengekspresikan Diri

Tak hanya seniman dewasa seperti Picasso, Vincent van Gogh, dan seniman-seniman lainnya, anak Anda pun sering menggunakan aktivitas menggambar dan mewarnai sebagai bentuk self-expression. Dengan melihat gambar yang ia ciptakan, Anda seakan dapat mengintip ke dalam jendela hati terdalamnya. Be concern ketika karya yang ia hasilkan terlihat disturbing, seperti gambar tengkorak atau gambar-gambar mengerikan lainnya. Ajaklah ia untuk berkomunikasi dan konsultasikan hal tersebut dengan psikolog anak.

Ternyata, ada banyak juga ya manfaat anak berlatih menggambar dan mewarnai?

author
No Response

Leave a reply "Sudah Tahu Manfaat Anak Berlatih Menggambar dan Mewarnai?"