Suntik TT Saat Hamil, Amankah?

No comment 555 views

Wabah difteri yang terjadi akhir-akhir ini memang sangat meresahkan masyarakat. Apalagi jika Anda adalah ibu hamil yang memang memiliki sistem imunitas yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang tidak hamil. Tidak hanya difteri saja yang wajib Anda waspadai, Moms. Anda juga wajib mewaspadai penyakit-penyakit lain yang dapat membahayakan nyawa Anda dan janin yang tengah ada di dalam kandungan Anda.  Tetanus adalah salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan bayi Anda terserang Tetanos Neonatorum atau tetanus neonatal . Tetanus Neonatarum dapat dicegah dengan vaksin TT (Tetanus Toxoid). Tapi, amankah  suntik TT saat hamil?

Untungnya suntik TT saat hamil sudah terbukti aman, dan justru direkomendasikan oleh organisasi kesehatan dunia WHO lho. Vaksin TT saat hamil merupakan langkah pertama pencegahan yang efektif dalam memperkecil resiko tetanus baik pada ibu hamil maupun pada janin. Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, maka dokter biasanya akan merekomendasikan pemberian vaksin TT sebanyak 2 kali.

Suntikan pertama diberikan saat kehamilan menginjak trimester ketiga, to be precise saat usia kandungan Anda mencapai 7 bulan, walaupun ada juga dokter yang memberikan vaksin TT saat usia kehamilan trimester pertama. Setelah jeda 4 minggu akan dilakukan tahap vaksinasi TT kedua. Namun untuk memaksimalkan perlindungan, WHO menyarankan untuk melengkapi vaksinasi tahap ketiga, yaitu tahap vaksinasi yang diberikan 6 bulan setelah suntikan TT yang kedua. Dengan mendapatkan vaksinasi TT yang ketiga ini, maka Anda akan memperoleh perlindungan selama 5 tahun ke depan.

Sedangkan jika kehamilan ini merupakan kehamilan Anda yang kedua atau yang kesekian kali, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter nantinya akan melihat riwayat vaksinasi Anda. Dan jika di kehamilan sebelumnya Anda sudah mendapatkan 2 dosis utama vaksin tetanus, maka Anda nantinya hanya akan direkomendasikan untuk memperoleh vaksin booster. Sebaliknya, jika jarak dari kehamilan pertama dengan kehamilan Anda saat ini cukup jauh maka dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memutuskan perlu-tidaknya Anda menerima vaksin tetanus.

Sama seperti jenis vaksinasi lainnya, beberapa dari Anda mungkin akan mengalami efek samping dari vaksin TT ini. Tapi jangan khawatir, Moms. Gejala-gejala tersebut sangatlah wajar dan akan menghilang dengan sendirinya dalam hitungan hari. Efek samping yang biasanya muncul setelah pemberian vaksin adalah munculnya bintik-bintik di sekitar area suntikan, atau kulit berubah menjadi kemerahan, bengkak dan rasa nyeri sementara. Jika Anda mengidap alergi terhadap bahan obat-obatan tertentu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk mencegah terjadinya reaksi alergi fatal (syok anafilaktik). Dan juga, untuk menerima vaksin Anda harus dalam keadaan sehat.

Ternyata suntik TT saat hamil aman-aman saja ya, Moms? Semoga informasi ini bermanfaat!

author
No Response

Leave a reply "Suntik TT Saat Hamil, Amankah?"