Tahu Kah Moms, Macam-macam Metode Melahirkan?

Persalinan normal bisa dibilang menjadi teknik persalinan dambaan tiap ibu hamil. Alasannya sangat sederhana, karena metode persalinan ini diidentikkan dengan masa kehamilan yang sehat. Tapi ada kalanya seorang ibu harus rela menghapus bayangan ideal tersebut dan menyetujui metode operasi caesar untuk melahirkan buah hatinya dengan selamat ke dunia. Rasa sakit dari persalinan normal yang menurut kabar luar biasa sakitnya juga membuat beberapa ibu hamil jadi merasa sedikit enggan dan mencari solusi metode persalinan normal dengan rasa sakit yang minimal atau bahkan tak sakit sama sekali.

Nah, dari permintaan para ibu hamil tersebutlah muncul berbagai macam metode persalinan seperti yang kita kenal saat ini. Anda mungkin sudah akrab dengan istilah persalinan normal dan persalinan caesar, sudah pernahkah Bunda mendengar macam-macam metode melahirkan lainnya selain metode melahirkan normal? Berikut ulasanya.

  • Water Birth

Water birth adalah salah satu metode persalinan yang tengah diminati oleh banyak ibu hamil.Menggunakan bak berisikan air hangat sebagai mediumnya, persalinan ini memungkinkan Anda melahirkan secara normal tanpa harus khawatir dengan rasa nyeri akibat kontraksi. Air hangat diketahui sangat manjur dalam membantu merelaksasi otot-otot tubuh Anda, sehingga bahkan saat Anda mengalami kontraksi pun Moms tak akan merasa sakit.

Tapi semudah apapun kedengarannya, tetap saja Anda tidak boleh melakukan teknik persalinan waterbirth ini sendirian. Anda masih tetap membutuhkan pengawasan penuh dari dokter atau bidan bersertifikat yang sudah mengantongi pengalaman dalam bidang persalinan air ini. Selain itu peralatan yang digunakan wajib dalam keadaan steril untuk mencegah terjadinya infeksi pada ibu maupun pada bayi. Dibandingkan dengan persalinan normal, waterbirth juga memiliki resiko tersendiri. Jadi pastikan Anda memilih bidan yang benar-benar tangkas dan berpengalaman.

  • Hypno Birth

Selain water birth, ada satu metode persalinan lainnya yang memungkinkan Anda bisa melahirkan secara normal tanpa rasa sakit. Ditambah lagi, metode persalinan hypno birth ini tidak menimbulkan dampak layaknya water birth. Hypno birth lebih berfokus terhadap penanaman sugesti-sugesti positif di dalam alam bawah sadar sang ibu sehingga perasaaan ibu pun menjadi lebih rileks. Hasilnya? Tak hanya rasa sakit yang berkurang, tapi juga durasi proses persalinan yang terasa semakin cepat. Itu berkat kemampuan ibu dalam mengatur pernapasan dengan efisien, sehingga dorongan yang Anda berikan pun akan semakin kuat.

Nah, semoga informasi mengenai metode persalinan di atas bisa memperkaya wawasan Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tahu Kah Moms, Macam-macam Metode Melahirkan?"