Tak Hanya Kaki, Ini Bagian Tubuh yang Bengkak Saat Hamil

Kehamilan bisa jadi satu hal yang membahagiakan, tapi gejala-gejala kehamilan yang menyertainya? Not so much. Selama kehamilan banyak ibu hamil yang harus bersiap-siap menghadapi gejala kehamilan yang pastinya membuat Anda merasa tidak nyaman, seperti morning sickness misalnya. Terjadinya pembengkakan di area kaki atau yang disebut dengan “edema” juga banyak dialami. Kalau morning sickness, perubahan mood, dan stamina yang rendah disebabkan karena pengaruh gejolak hormon, lalu apa yang menyebabkan edema? Dan apakah kaki satu-satunya bagian tubuh yang bengkak saat hamil?

Dan sepertinya tak hanya kaki saja, Moms. Edema saat hamil disebabkan oleh naiknya volume darah di dalam tubuh. Dalam kondisi normal, volume darah perempuan hanyalah sekitar 5 liter. Namun ketika hamil, lebih tepatnya di usia kehamilan 28 minggu, volume darah meningkat menjadi 6 liter. Jumlah tersebut meningkat ketika Anda menginjak usia kehamilan minggu ke 33-34 minggu menjadi 7 liter. Nah, jumlah volume darah yang meningkat tersebut kemudian merembes melalui pori-pori pembuluh darah dan mengaliri jaringan di sekitarnya. Jadi, edema bisa terjadi di anggota tubuh manapun. Mana saja ya bagian tubuh yang bengkak saat hamil?

  • Hidung

Yup, hidung Bunda ternyata juga bisa turut bengkak lho selama Anda hamil. Anda biasanya akan merasakan sedikit sesak setiap kali berusaha menghirup napas, atau bahkan Anda juga menyadari bahwa hidung Anda terasa sedikit membengkak. Itu disebabkan gara-gara pembuluh darah kecil di area sinus yang mengalami peningkatan volume darah dan cairan, sehingga mengakibatkan area tersebut melebar. Tak jarang Anda juga bisa mengalami mimisan gara-gara itu, Moms.

  • Gusi

Aktivitas makan Anda mungkin akan menjadi sedikit tidak nyaman gara-gara area gusi Anda yang membengkak. Selama Anda hamil, tubuh juga akan mengalami retensi air dan sepertinya gusi Anda pun turut terkena imbasnya. Kombinasi antara tertahannya air di dalam tubuh yang disertai dengan peningkatan volume darah mengakibatkan gusi menjadi bengkak, hingga bahkan berdarah. Ketika sampai terjadi pendarahan, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi Anda, Moms.

  • Mata

Bukan bengkak yang gimana-gimana sih, Bun. Hanya saja, bagian bawah mata Anda akan terlihat sedikit membengkak utamanya di daerah bawah mata. Sehingga akibatnya penampilan Anda terlihat seakan kurang tidur atau baru saja menangis. Kalau dirasa tidak nyaman, Anda bisa meredakan pembengkakan tersebut dengan mengompres mata Anda dengan buah timun atau air dingin. Dan jangan khawatir, setelah masa persalinan kantong mata Anda akan menyusut kembali ke ukuran semula.

Yang jelas, jika muncul gejala-gejala lain menyusul bagian tubuh yang bengkak saat hamil, segeralah periksakan kehamilan Anda ke dokter.

author
No Response

Leave a reply "Tak Hanya Kaki, Ini Bagian Tubuh yang Bengkak Saat Hamil"