Ternyata Ini Penyebab Garis Hitam di Perut Saat Hamil

Bagi Bunda yang baru saja menjalani kehamilan pertamanya mungkin akan dikejutkan dengan garis hitam yang membujur dari kemaluan hingga melewati pusar. Beberapa dari Anda mungkin merasa sedikit khawatir (ya, ibu hamil memang selalu dilanda kecemasan) bahwa garis hitam tersebut bisa mempengaruhi kehamilan Anda. Sebenarnya, apa sih penyebab kemunculan garis hitam di perut saat hamil? Dan juga, apakah garis hitam tersebut berbahaya untuk kehamilan?

Pertama-tama, Bunda bisa menarik napas lega. Garis hitam di perut saat hamil ternyata tidak akan memberikan dampak negatif terhadap kehamilan Anda, karena sebenarnya itu adalah hal yang sangat alami. Dalam bahasa kedokteran, garis hitam itu disebut dengan nama linea nigra. Linea nigra adalah titik pertemuan dari jaringan ikat otot perut. Yang artinya, bahkan ketika Anda tidak hamil pun garis tersebut tetap ada. Hanya saja, pada wanita yang tidak mengandung garis tersebut memiliki warna yang lebih terang dan/atau serupa dengan warna kulit. Trus, apa yang menyebabkan warna garis tersebut berubah jadi lebih gelap?

Ternyata berubahnya warna linea nigra dipicu oleh perubahan hormon di dalam tubuh Anda. Ketika Anda hamil, hormon reproduksi yaitu estrogen dan progesteron mengalami peningkatan. Meningkatnya hormon-hormon tersebut memicu diproduksinya zat melanin dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan meningkatnya zat melanin atau zat pigmen kulit dalam tubuh Anda, beberapa organ tubuh Anda juga ikut mengalami hiperpigmentasi. Seperti perubahan pada warna areola atau puting susu yang berubah warna jadi lebih gelap. Hal yang sama juga terjadi pada garis linea nigra pada perut Anda.

Tidak semua ibu hamil memiliki garis hitam di perut ini. Umumnya, ibu dengan warna kulit gelap memiliki warna garis yang lebih gelap dan kentara dibandingkan dengan ibu hamil yang memiliki kulit cerah. Dan kalau munculnya garis tersebut membuat Anda minder, Anda tidak perlu khawatir. Karena warna hitam tersebut lambat laun akan memudar setelah Anda melahirkan bayi Anda.

Bagaimana dengan mitos bahwa panjang dari garis linea nigra bisa digunakan untuk memprediksi jenis kelamin janin? Misalnya, jika garis tersebut membentang dari tulang kemaluan hingga pusar, maka jenis kelamin dari bayi adalah perempuan. Sedangkan jika garis tersebut membujur hingga bagian bawah tulang rusuk maka jenis kelamin bayi adalah laki-laki.

Well, sudah jelas itu adalah mitos! Seperti yang sudah dijelaskan di atas, garis hitam di perut saat hamil adalah berubahnya warna jaringan ikat otot perut. Tak lebih dari itu. Untuk mengetahui jenis kelamin, satu-satunya cara tentu saja dengan melakukan pemeriksanaan USG di Rumah Sakit Bersalin. Semoga informasi di atas memberikan manfaat, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Ternyata Ini Penyebab Garis Hitam di Perut Saat Hamil"