Tetap Tampil Cantik dengan Tips Perawatan Rambut Ibu Hamil

Selama Anda hamil, sudah pasti Anda sangat memperhatikan kesehatan dan perkembangan janin di dalam rahim. Tapi bagaimanapun juga, Anda tetaplah seorang perempuan yang sangat concern terhadap penampilan. Dan lagipula, melakukan perawatan kecantikan bisa jadi terapi tersendiri untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. Apalagi saat hamil, produksi minyak di kulit kepala Anda bakal meningkat sehingga tak jarang membuat rambut Anda lepek dan beraroma tidak sedap. Apa saja ya yang harus diperhatikan dalam perawatan rambut ibu hamil?

  • Keramas dan Creambath

Kabar baik, Moms! Anda tidak perlu menahan diri dengan kondisi rambut yang lepek karena ternyata ibu hamil masih diperbolehkan memperoleh perawatan rambut berupa keramas dan creambath. Yang membedakan antara perawatan rambut ibu hamil dengan perawatan rambut yang biasa Anda dapatkan sebelum Anda hamil adalah, Anda perlu memastikan bahwa produk creambath dan shampoo yang Anda gunakan terbuat dari bahan-bahan alami.

Apalagi di trimester pertama yang mana fetus sudah mulai mengalami perkembangan. Hindari produk dengan bahan-bahan kimia yang terlalu keras ya, Moms.

Oh ya, Anda juga bisa lho membuat masker creambath sendiri di rumah. Misalnya dengan mengaplikasikan masker alpukat atau masker lidah buaya. Selain lebih terjangkau dan aman, perawatan ini juga lebih praktis karena Anda tak harus pergi ke luar rumah.

  • Pewarnaan Rambut

Nah buat Moms yang gemar gonta-ganti warna rambut, pasti sedikit waswas karena saat ini Anda tengah hamil. Pewarnaan rambut dengan cat rambut kimia sebaiknya dihentikan sementara sampai paling tidak bayi Anda lepas ASI. Karena walaupun sampai sekarang belum ada hasil penelitian yang menunjukkan hasil pasti, tetap saja ada kekhawatiran bahwa zat kimia tersebut dapat meresap ke darah Anda dan sampai pada bayi Anda. Better be safe than sorry, right?

Dan kalaupun Anda sangat-sangat menginginkan, Anda bisa mengecat rambut Anda dengan bahan-bahan alami seperti kunyit, kelopak bunga mawar, dan sebagainya. Bahan-bahan alami cenderung lebih aman untuk ibu hamil walaupun tentu saja Anda harus lebih telaten karena pewarna rambut alami ini bersifat sementara.

  • Pilih Shampoo dengan Aroma yang Tidak Menyengat

Apabila Anda saat ini menginjak usia kehamilan trimester pertama, sebisa mungkin jauhilah produk shampoo yang memiliki kandungan parfum dengan bau harum menyengat. Alasannya saat ini hidung Anda sangat sensitif sehingga bau sedikit tajam saja bisa mengakibatkan Anda mual. So uncool kan seandainya Anda mual dan muntah gara-gara aroma shampoo rambut Anda sendiri?

Untuk lebih amannya, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan ahli kecantikan untuk menemukan perawatan rambut ibu hamil yang tepat!

author
No Response

Leave a reply "Tetap Tampil Cantik dengan Tips Perawatan Rambut Ibu Hamil"