Tips Agar Anak Doyan Makan Sayur

No comment 68 views

Konsumsi sayuran yang cukup sangat dibutuhkan agar perkembangan anak Anda berlangsung dengan lancar, dan anak senantiasa dalam keadaan sehat. Tapi ironisnya, justru anak-anak menganggap sayuran sebagai musuh terbesar mereka di meja makan. Entah persuasi macam apa yang Anda luncurkan, tetap saja anak Anda selalu menyisihkan sayuran wortel atau daun bayam di pinggir piring mereka. Dan yang jelas menjelaskan berbagai macam vitamin yang ada di dalam sayuran pun tak akan berguna. Karena pola pikir anak sangat sederhana: “apa yang mereka tak sukai, maka tak akan mereka makan”. Kalau sudah begitu, apa ya tips agar anak doyan makan sayur?

  • Mulailah Dari Diri Anda

Kalau ternyata Anda punya kecenderungan untuk pilih-pilih makanan, inilah saat yang sempurna bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Tips agar anak doyan makan sayur yang paling manjur bukanlah nasihat yang monoton, melainkan dari tindakan Anda sendiri. Anak akan melihat orangtuanya sebagai role model pertamanya, jadi jika Anda ingin anak Anda menyukai sayur mungkin Anda perlu sering-sering turut menyantap sayur dengannya. Apalagi jika ekspresi Anda saat memakannya terlihat sangat menikmati, si kecil bisa saja tersugesti dan turut ingin mencoba sayuran tersebut.

  • Kreasikan dalam Bentuk Camilan

Seringkali anak Anda mengenali bentuk dari sayuran yang tidak menarik sehingga mengakibatkan ia kurang tertarik untuk mencobanya. Untuk itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyulap sayuran tersebut ke dalam bentuk panganan camilan favorit anak. Misalnya dengan menghias pizza homemade dengan irisan atau saus tomat buatan Anda sendiri. Atau mungkin membuat carrot cake dan spinach cupcakes untuk pesta ulang tahun anak Anda. Setelah mengetahui kalau ternyata sayur pun memiliki rasa yang lezat, pastinya dia jadi lebih termotivasi untuk makan sayur.

  • Berikan Tampilan Warna yang Menarik

Penampilan wortel atau brokoli segar pastinya akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan warna wortel atau sayuran hijau yang layu oleh panas api. Sebisa mungkin, biasakan untuk menghidangkan sayuran dengan warna-warna menarik dan menyegarkan di hadapan anak Anda. Anda bisa menggunakan sayuran segar tersebut sebagai hiasan bekal nasi goreng atau mungkin sebagai hiasan dari camilan chicken nugget favoritnya. Sayuran segar dengan warna menarik antara lain wortel, brokoli, paprika, dan sayuran berwarna cerah lainnya.

Demikianlah 3 tips agar anak doyan makan sayur dari Katalog Ibu. Semoga informasi dari kami bermanfaat, ya!

author
No Response

Leave a reply "Tips Agar Anak Doyan Makan Sayur"