Tips Memilih Daycare Buat Para Orangtua Sibuk

Anak-anak, terutama mereka yang masih berusia balita adalah makhluk yang dipenuhi rasa penasaran dan sangat gemar bermain-main. Dan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, Anda sebagai orangtua tentu diharapkan untuk dapat mendampingi dan bermain bersama si kecil. Hanya saja, bagi Anda dan pasangan yang memiliki pekerjaan kantor hal tersebut sedikit mustahil. Sedangkan Anda tidak terlalu merasa nyaman untuk menyerahkan anak Anda di bawah asuhan babysitter (terutama dengan semakin maraknya berita babysitter yang justru menyiksa asuhannya). Jadi tak mengherankan jika fasilitas TPA (Tempat Penitipan Anak)  jadi pilihan favorit bagi para orangtua. Apa saja ya tips memilih daycare yang tepat untuk si kecil?

  • Pilih Lokasi Daycare yang Terjangkau

Saat memilih-milih lokasi daycare, pastikan bahwa lokasi daycare tersebut terletak dekat dengan rumah atau kantor Anda. Tujuannya tak lain adalah demi efisiensi waktu sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengantarkan si kecil ke daycare dan kemudian berlanjut dengan berangkat ke tempat kerja. Si kecil juga tidak perlu menunggu terlalu lama menunggu Anda menjemputnya pulang ke rumah.

  • Pilih Daycare dengan Fasilitas Memadai

Tiap daycare menawarkan pelayanan penitipan anak dengan harga yang berbeda-beda. Dan tentunya, semakin mahal biaya yang ditawarkan, akan semakin lengkap pula fasilitas yang ditawarkan. Misalnya, daycare dengan harga 1 juta-an hanya menawarkan fasilitas penitipan anak saja tanpa disertai dengan fasilitas makanan. Beda lagi dengan daycare yang memasang harga 3-5 juta-an. Pilihlah daycare dengan fasilitas sesuai yang dibutuhkan si kecil, Moms.

  • Pilih Daycare dengan Jumlah Pengasuh yang Cukup

Pengasuh daycare adalah pihak yang akan menggantikan peran Anda dalam menemani si kecil bermain. Dan sudah pasti Anda menginginkan anak Anda mendapatkan perhatian yang cukup selama berada di sana, kan? Normalnya, 1 pengasuh akan diberikan jatah mengasuh 2 orang anak. Agar Anda merasa lebih sreg, Moms juga dapat menelusuri track record mereka atau mengamati cara mereka berinteraksi dengan anak sekaligus cara mereka menghadapi kondisi darurat. Jangan lupa sampaikan pada pengasuh anak Anda seandainya anak Anda membutuhkan kebutuhan khusus atau alergi terhadap jenis makanan tertentu.

  • Serahkan Penilaian Akhir Pada Anak

Dan yang terakhir, serahkan penilaian akhir pada anak Anda. Afterall, ia yang nantinya akan menghabiskan seharian penuh di tempat tersebut kan? Ajak si kecil ke daycare tersebut dan biarkan ia bermain-main dengan fasilitas yang disediakan atau berinteraksi dengan anak-anak lain. Jika ia terlihat senang dan betah, Anda sudah menemukan daycare yang tepat untuknya.

Semoga tips memilih daycare di atas membantu hunting Anda ya, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tips Memilih Daycare Buat Para Orangtua Sibuk"