Tips Menyusui Bayi Baru Lahir

No comment 1249 views

Selamat atas proses persalinan yang berlangsung lancar! Pasti saat ini perasaan bahagia membuncah di dalam dada ketika Anda pada akhirnya bisa memeluk bayi Anda. Setelah saat persalinan yang mendebarkan usai, roller coaster Anda belum selesai Moms! Kini tiba saatnya bagi Anda untuk menyusui si kecil. Jika ini kehamilan pertama Anda pasti hati rasanya deg-degan. Ada juga yang merasa khawatir bahwa bayi tak langsung menyambut puting susu ibu. Tapi tenang saja, Moms. Katalog Ibu siap membagikan tips menyusui bayi baru lahir.

  • Segera Mulai IMD (Inisiasi Menyusui Dini)

Segera setelah bayi Anda lahir, biasanya bayi Anda akan dibersihkan terlebih dahulu oleh bidan atau perawat, sebelum ia dikembalikan pada Anda untuk memulai Inisiasi Menyusui Dini. Nah padahal IMD sebenarnya sudah bisa dilakukan bahkan sebelum bayi Anda dibersihkan lho. Malah kondisi tersebut jauh lebih disarankan karena insting menghisap bayi langsung aktif. Jika IMD berlangsung lancar, bisa dipastikan proses menyusui 6 bulan ke depan bakal terasa jauh lebih mudah

  • Pilih Posisi yang Nyaman

Agar Anda dapat menyusui bayi dengan lebih nyaman, pertama-tama pastikan bahwa Anda berada pada posisi duduk yang nyaman. Setelah itu perlahan-lahan arahkan puting susu Anda hingga berada tepat di bawah hidung bayi, di atas bibir atasnya. Setelah bayi membuka mulutnya lebar-lebar baru secara perlahan masukkan puting payudara Anda ke dalam mulut bayi.

Pastikan latching, atau pelekatan mulut bayi terhadap payudara Anda sudah benar. Yaitu mulut bayi menutupi sebagian besar bagian areola atau bibir bayi bagian bawah tertekuk ke luar. Anda bakal tahu jika pelekatan Anda salah, karena pelekatan yang kurang tepat mengakibatkan rasa nyeri pada payudara Anda. Lepaskan pelekatan dan ulangi lagi hingga posisi pelekatan bayi Anda benar.

  • Jangan Khawatirkan Jadwal Menyusui yang Sedikit Kacau

Sangatlah normal bahwa sesi menyusui bayi berlangsung sangat cepat di hari dan minggu-minggu pertama. Tubuh Anda dan bayi Anda membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan penyesuaian. Dalam hitungan minggu, pola menyusui yang teratur sudah akan terbentuk. Jadi, jangan terlalu khawatir Bun!

  • Ketahui Target Menyusui yang Tepat

Setiap bayi memiliki target ASI yang harus terpenuhi untuk menunjang pertumbuhannya. Secara teori, menyusui selama 10-15 menit untuk tiap payudara, dan sebanyak 8-10 kali perhari adalah ukuran target yang cukup ideal. Semakin muda bayi Anda, semakin sering pula ia membutuhkan asupan ASI.

Demikianlah beberapa tips menyusui bayi baru lahir. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tips Menyusui Bayi Baru Lahir"