Tips Mudah Lakukan Senam Kegel Ibu Hamil di Rumah

Masa kehamilan trimester ketiga adalah masa kehamilan yang paling ditunggu-tunggu namun juga paling mendebarkan bagi ibu hamil. Apalagi mengingat hari persalinan yang tinggal menghitung minggu. Untuk persiapan persalinan yang lancar, banyak ibu hamil yang sangat disarankan untuk rajin melakukan senam kegel. Senam kegel termasuk senam ibu hamil yang paling populer karena dapat dilakukan di rumah. Apa saja ya tips untuk melakukan senam kegel ibu hamil di rumah? 

Tips pertama sebelum Anda melakukan senam kegel ibu hamil di rumah adalah, pilihlah pakaian yang nyaman dan juga jangan lupa untuk menggunakan yoga mat atau karpet senam empuk selama senam. Itu dilakukan agar Anda bisa melakukan senam kegel dengan nyaman dan mengurangi resiko sakit akibat tubuh yang beradu dengan lantai rumah Anda yang keras.  

Selanjutnya, lakukan latihan pemanasan dengan meregangkan otot tubuh selama sekitar 5 detik. Beri jeda istirahat selama 5 detik sebelum melakukan gerakan yang sama sebanyak 4 hingga 5 kali berturut-turut. Setelah Anda terbiasa, tingkatkan durasi peregangan otot hingga mencapai 20 detik dalam 3 sesi setiap harinya. 

Barulah Moms memulai olahraga kegel yang sesungguhnya. Olahraga kegel berfungsi untuk membantu memperkuat otot panggul sehingga memudahkan proses persalinan nantinya. Belum tahu yang mana sih otot panggul Anda? Cobalah untuk menahan kencing. Otot yang menegang saat Anda berusaha menahan air seni itulah yang disebut dengan otot panggul bawah. 

Nah, sekarang setelah Anda tahu letak dari otot panggul bawah, cobalah mengosongkan kantung kemih Anda. Caranya, ambil posisi yang rileks (bisa berbaring ataupun duduk). Setelah itu kencangkan otot pinggul bawah Anda selama kurang lebih 5 detik, dan rilekslah kembali. Ulangi latihan otot tersebut hingga 5 kali. Setelah Moms terbiasa, baru Anda bisa meningkatkan durasi hingga 10 detik tiap sesinya.  

Hati-hati! Walaupun sepele, gerakan ini membutuhkan kemampuan fokus Anda lho. Selama meregangkan otot panggul, jangan sampai otot bagian lain seperti otot perut, otot paha, serta otot bokong ikut mengencang. Kalau dirasa sulit, cobalah untuk tetap rileks sambil bernafas perlahan dan santai. 

Secara total, durasi dari senam kegel ini hanya berlangsung sekitar 15 menit saja. Anda bisa melakukannya saat sedang menelepon teman-teman atau berbincang-bincang dengan suami, atau di sela-sela kegiatan masak Anda. Yuk rajin melakukan senam kegel ibu hamil di rumah agar persalinan Anda nantinya berlangsung dengan lancar! 

author
No Response

Leave a reply "Tips Mudah Lakukan Senam Kegel Ibu Hamil di Rumah"