Tips Pemulihan Setelah Melahirkan Secara Caesar

Persalinan secara caesar adalah prosedur operasi yang biasanya dijalankan jika terjadi satu atau beberapa hal yang mengakibatkan ibu tidak dapat melakukan persalinan normal. Dibandingkan dengan persalinan normal, persalinan caesar memang tidak terlalu menyakitkan. Tapi karena prosedur ini melibatkan tindakan operasi major, masa pemulihan setelah melahirkan secara caesar pun sudah pasti lebih lama jika Anda bersalin secara normal.

Untuk mempercepat pemulihan setelah melahirkan secara caesar, simak tips dari Katalog Ibu berikut ini yuk.

  • Jangan Bawa Barang Berat

Bagi ibu yang baru saja menjalani proses persalinan caesar, tubuh Anda masih terlalu lemah untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat. Kami paham Anda ingin segera memulai kembali roda kehidupan, tapi kalau bertindak terlalu gegabah bisa-bisa Anda tidak kunjung sembuh.

Contoh aktivitas yang sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu pasca operasi caesar adalah mengangkat barang-barang berat. Tidak hanya karena kondisi fisik Anda masih lemah, tapi juga aktivitas berat tersebut mengakibatkan area bekas sayatan operasi caesar jadi makin terasa ngilu.Tunggulah paling tidak selama 3  bulan hingga luka sayatan telah kering sempurna dan tenaga Anda kembali pulih.

  • Jangan Berhubungan Suami Istri Terlebih Dulu

Buat Anda dan pasangan yang memiliki sex drive tinggi, pastinya setelah Anda sukses melahirkan si kecil ke dunia Anda ingin kembali berhubungan intim dengan sang suami. Tapi masalahnya, tidak hanya kondisi stamina Anda belum pulih tapi organ seksual Anda pun masih dalam tahap pemulihan. Berhubungan seksual segera setelah melahirkan bisa berbahaya lho, Moms. Jadi paling tidak tunggulah paling tidak hingga 4-6 minggu pasca persalinan.

  • Waspadalah Akan Gejala Baby Blues

1-2 minggu pasca persalinan sebanyak 80% perempuan mengalami gejala baby blues. Terutama bagi ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar, cukup banyak yang merasa sedih dan merasa gagal karena tidak dapat melahirkan bayinya dengan cara normal. Baby Blues adalah sindrom pasca-persalinan yang sangat lazim terjadi, dan seringkali disebabkan oleh pergolakan hormon dan shock dari kehidupan baru Anda sebagai seorang ibu.

Jika Anda mengalami gejala mood swing yang seringkali ditandai dengan rasa sedih dan rasa marah yang berlebihan, segeralah cari bantuan dukungan, baik dari suami maupun kerabat dekat. Dengan support yang cukup, gejala Baby Blues akan berkurang dan menghilang dengan sendirinya dengan rentang waktu maksimal 2 minggu. Jika melebihi waktu tersebut, dan bahkan Anda memiliki pikiran untuk mengakhiri hidup Anda, janganlah takut untuk berkonsultasi dengan psikiater.

Semoga proses pemulihan setelah melahirkan secara caesar Anda dapat dipercepat dengan tips di atas.

author
No Response

Leave a reply "Tips Pemulihan Setelah Melahirkan Secara Caesar"