Tips untuk Ibu Menyusui Saat Lagi Menstruasi

Siklus menstruasi sudah mulai padahal Anda masih menyusui? Secara umum, siklus menstruasi akan terhenti sementara selama Anda menyusui si kecil. Namun ada kalanya siklus menstruasi kembali berjalan, bahkan ketika Anda memasuki masa menyusui. Ibu menyusui saat lagi menstruasi banyak yang mengeluhkan perubahan volumeĀ  ASI yang menjadi sedikit lebih jauh dari biasanya. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Mungkin salah satu reaksi yang ditunjukkan oleh ibu menyusui saat lagi menstruasi adalah rasa bingung atau sedikit panik, apalagi jika si kecil jadi rewel gara-gara jatah ASI yang didapatkan lebih sedikit dari biasanya. Tapi Anda bisa sedikit bernapas lega, Moms. Karena curah ASI yang sedikit lebih rendah saat menstruasi sebenarnya adalah hal yang normal.

Menurut Farahdhiba Tenrilamba yang berprofesi sebagai counselor laktasi dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), penyebab dari berkurangnya volume ASI selama ibu menstruasi adalah menurunnya kadar kalsium di dalam tubuh ibu. Selain itu, Bunda juga bisa merasakan perubahan pada puting payudara yang terasa lebih sensitif. Lagi-lagi, itu adalah hal yang wajar dan tidak perlu Anda khawatirkan.

Even so, produksi ASI yang sedikit menurun mungkin sedikit menjadi masalah. Tapi jika Anda menjadi stres gara-gara itu, justru akan semakin menghambat produksi ASI lho Moms. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar pasokan ASI tetap stabil selama Anda menstruasi.

Yang pertama adalah ganti kalsium yang hilang dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Kalsium bisa didapatkan di berbagai jenis makanan seperti sayuran hijau seperti selada air, brokoli, dan bok choy. Kacang-kacangan seperti kacang almond serta dairy products seperti susu sapi dan yoghurt merupakan sumber kalsium alami yang bisa Anda konsumsi. Atau kalau Anda seorang vegetarian atau vegan, Anda bisa memenuhi asupan kalsium dengan mengkonsumsi suplemen kalsium serta magnesium. Menyantap daun katuk juga bisa membantu memperbanyak volume ASI lho.

Saran kedua adalah, jaga mood rileks selama Anda menyusui. Singkirkan pikiran-pikiran yang membebani dan pilihlah posisi menyusui yang nyaman. Anda juga bisa mendengarkan lagu-lagu klasik yang menenangkan selama Anda menyusui. Menyenandungkan lagu yang ceria pun bisa menjadi cara untuk membuat Anda tetap santai selama sesi menyusui lho.

Sudah tahu kan penyebab jumlah ASI yang sedikit selama menstruasi sekaligus tips untuk ibu menyusui saat lagi menstruasi? Semoga informasi dari Katalog Ibu di atas bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tips untuk Ibu Menyusui Saat Lagi Menstruasi"