Tips Untuk Para Orangtua Cara Mendidik Anak Autis

Ketika Anda mendengar diagnosis dari dokter bahwa anak Anda menderita autisme, pasti dunia Anda serasa runtuh. Sampai saat ini, kata autisme seakan menjadi momok yang mengerikan bagi tiap orangtua. Tapi dengan meningkatnya awareness terhadap autisme, orangtua dan anak yang menderita autisme mulai bisa mendapatkan support yang mereka butuhkan. Autisme bukanlah sebuah aib, dan kita sebaiknya berhenti menganggapnya demikian.
Tapi, memang harus diakui merawat anak dengan autisme bukanlah hal yang mudah. Anak dengan special needs membutuhkan perlakuan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengidap autisme pada umumnya. Nah, buat Anda yang baru sekali ini menghadapi anak autis dan tidak mengetahui apa yang harus Anda lakukan simak tips dari Katalog Ibu berikut yuk.
• Konsultasi dengan Dokter, Bukan dengan Google
Kebiasaan buruk dari orangtua modern adalah mereka menganggap bahwa Google adalah jawaban dari pertanyaan mereka. Padahal, ada cukup banyak informasi yang tidak akurat bertebaran di jagad maya. Terutama ketika menyangkut soal autisme, yang to be frank satu-satunya sumber yang bisa Anda percaya hanyalah dokter dan terapis yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jadi jika Anda terbentur dengan masalah selama membesarkan si kecil, jangan tanya Google tapi langsunglah berkonsultasi dengan dokter atau terapis anak Anda.
Jalin Hubungan dan Cari Dukungan
Autisme adalah sindrom yang cukup langka, tapi bukan berarti Anda satu-satunya orang yang harus berurusan dengannya. Gunakan medsos Anda untuk membangun koneksi dengan organisasi yang berkecimpung untuk membantu orangtua dan penderita autisme. Di sana Anda juga bisa berjumpa dengan banyak orangtua dengan tantangan mendidik anak yang sama. Anda tidak hanya bisa mencari solusi untuk masalah seputar mengasuh si kecil, tapi Anda juga bisa mendapatkan dukungan moral yang Anda butuhkan.
• Bersiaplah dengan Komentar-Komentar Miring
Masyarakat Indonesia masihlah sangat awam dalam memahami autisme. Jadi Anda perlu siap-siap menebalkan kuping karena Anda akan banyak mendengar komentar-komentar yang bisa jadi membuat Anda kesal. Bisa juga Anda akan mendapatkan saran-saran yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Tidak ada salahnya mengasah kemampuan sarkasme Anda untuk menjawab komentar-komentar mereka.

Dan juga jangan lupa untuk merawat kesehatan mental Anda sendiri, Moms. Merawat dan membesarkan anak dengan autisme tidaklah mudah, dan akan ada kalanya hal tersebut membuat emosi Anda terkuras. Tak ada salahnya memanjakan diri Anda dengan melakukan hobi yang sudah lama tidak Anda lakukan. Atau selalu ingatlah bahwa terlepas dari kesulitannya, membesarkan seorang anak dengan autisme sebenarnya bisa jadi perjalanan yang mendewasakan dan sangat rewarding buat Anda.

author
No Response

Leave a reply "Tips Untuk Para Orangtua Cara Mendidik Anak Autis"