Top 3 Tips Menyusui Bayi Kembar

No comment 57 views

Kelahiran bayi kembar berarti dua malaikat kecil yang akan membawa dua kali lipat kebahagiaan di dalam bahtera rumah tangga Anda. Tapi bayi kembar juga berarti Bunda bakal menghadapi tantangan dua kali lipat, terutama jika ini adalah kelahiran bayi perdana Anda. Terutama, tantangan saat menyusui si kembar. Perhatian yang diberikan pada bayi kembar pun harus dua kali lebih besar dibandingkan dengan satu bayi. Kenali yuk masalah menyusui yang sering dihadapi oleh ibu dari bayi kembar, sekaligus tips menyusui bayi kembar berikut ini.

Masalah menyusui yang paling umum dihadapi ketika menyusui bayi kembar antara lain:

  • Masalah bobot badan dan ukuran bayi kembar yang lebih kecil membuat mereka jadi lebih sering mengantuk dan tidak dapat menyedot ASI dengan maksimal. Sehingga tak jarang Bunda terpaksa harus memompa ASI dan menampungnya di dalam botol, untuk kemudian diberikan pada si kembar.
  • Beberapa orang beranggapan kalau cara terbaik menyusui bayi adalah dengan menyusui mereka secara bersamaan. Dan walaupun ada beberapa BuSui yang comfortable dengan cara itu, yang lainnya lebih prefer untuk menyusui bayinya satu-persatu. Yang perlu Moms lakukan cukup pilih metode manapun yang lebih nyaman buat Anda.
  • Walaupun bayi Anda kembar, mereka tetaplah 2 individu yang berbeda. Hal itu sudah bisa dilihat dari sejak mereka dalam fase menyusui. Tiap bayi memiliki pola menyusui yang berbeda, dan itu jadi challenge yang cukup menantang buat ibu menyusui.

Dan untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, tips menyusui bayi kembar antara lain:

  • Segera setelah si kembar lahir, sebaiknya Anda langsung menyusui mereka. Cairan yang keluar sebelum ASI adalah kolostrum, cairan antibodi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda selama masa perkembangan awalnya
  • Dalam beberapa bulan pertama, bayi kembar Anda bakal sangat sering menyusui. Sehingga bisa jadi Anda merasa waktu Anda terlampau sedikit untuk melakukan aktivitas lain seperti bersih-bersih rumah. Jangan terlalu memaksakan diri, Bun! Jika Anda memiliki keluarga suportif yang menawarkan bantuan, maka terimalah bantuan mereka. Dan jika tidak, sewalah jasa asisten rumah tangga, paling tidak selama periode menyusui 6 bulan.
  • Menyusui bayi kembar bisa jadi membuat Bunda jadi nervous, karena Anda khawatir bahwa pasokan ASI di dalam tubuh Anda tidak mencukupi. Saran dari kami sih, stay calm. Jika tubuh Anda mampu menyediakan cukup nutrisi bagi bayi kembar Anda selama di dalam kandungan, maka ia juga lebih dari sanggup untuk menyediakan asupan ASI yang cukup. Tentunya selama Anda mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan banyak minum air putih.

Semoga 3 tips menyusui bayi kembar di atas bermanfaat buat Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Top 3 Tips Menyusui Bayi Kembar"