Trik Ampuh Buat Anak Tidur Tepat Waktu

No comment 146 views

Anak Anda adalah individu yang masih akan terus mengalami perkembangan. Dan untuk mendapatkan proses perkembangan yang maksimal, si kecil membutuhkan waktu tidur yang cukup. Tapi yang namanya anak-anak, tak jarang energi mereka di malam hari masih sangat besar sehingga mereka sering terjaga hingga larut malam. Apalagi jika anak Anda sudah masuk usia sekolah, bisa-bisa mereka tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Nah, mau tahu trik agar anak tidur tepat waktu? Simak kumpulan tips and tricks dari Katalog Ibu berikut ini yuk.
• Tahu Durasi Tidur yang Tepat
Insomnia memang tidak baik untuk anak-anak, tapi begitu juga dengan jadwal tidur yang terlalu berlebihan. Durasi tidur anak-anak yang ideal berbeda dari durasi tidur orang dewasa lho, Moms. Orang dewasa memiliki durasi tidur ideal sebanyak 7-8 jam, tapi anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Menurut NFS (National Sleep Foundation), jam tidur ideal untuk anak-anak berusia 6-12 tahun adalah sekitar 9-11 jam. Sedangkan bagi anak-anak remaja, mereka membutuhkan waktu tidur maksimal sekitar 8,5 atau 9,5 jam.
• Biasakan Anak Bangun Lebih Awal
Karena Anda tahu sendiri kan, sangatlah susah untuk memerintahkan anak tidur tepat waktu? Nah, trik yang paling mudah adalah dengan membangunkan anak sedikit lebih pagi dari biasanya. Anak yang bangun dan beraktivitas lebih awal juga akan merasa mengantuk lebih awal. Jadi bukan tidur lebih awal untuk bangun lebih awal, melainkan bangun lebih awal untuk tidur lebih awal.
• Simpan Alat Permainan Gadget Sebelum Tidur
Bagaikan lem dengan perangko, anak-anak zaman sekarang memang terlihat lekat dengan gadget smartphone. Dan jika Anda ingin si kecil tidur tepat waktu, maka larang ia untuk bermain gadget satu atau dua jam sebelum tidur. Pasalnya, radiasi blue light yang tertanam di dalam smartphone atau laptop dapat mengakibatkan tubuh tidak memproduksi hormon yang membuat si kecil merasa mengantuk. Anda tentu tidak ingin kan ia bangun kesiangan gara-gara terlalu banyak bermain gadget semalaman suntuk?
• Biarkan si Kecil Tidur Sendiri
Orangtua Indonesia punya kebiasaan untuk meninabobokan bayi sebelum tidur. Tanpa kita sadari, kebiasaan tersebut bisa membuat bayi mengalami sleep-onset association disorder. Sleep-onset disorder adalah kondisi yang mana membuat bayi tidak dapat tidur tanpa nyanyian ninabobo dari orangtuanya, dan hal tersebut bisa terus terbawa hingga usia dewasa. Anda bisa membiasakan si kecil tidur sendiri dengan memberikan boneka-boneka lucu favoritnya atau menyelimutinya dengan selimut kesayangannya.
Nah, semoga informasi di atas bisa membantu anak tidur tepat waktu, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Trik Ampuh Buat Anak Tidur Tepat Waktu"