Waspadai Pthalate, Bahaya Mainan Plastik Anak

Menyaksikan anak-anak yang semakin besar dan makin aktif bermain pasti membuat hati setiap orangtua merasa bahagia. Di usianya yang sangat muda itu pasti Anda rajin-rajinnya membelikan berbagai macam alat permainan untuk sang buah hati. Dan seringkali, mainan tersebut terbuat dari bahan plastik. Mainan berbahan plastik tidak hanya ringan dan berwarna-warni tapi juga tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Tapi tahukah Anda bahwa seharusnya mainan plastik tidak seharusnya beredar karena berbahaya bagi anak?

Sejak tahun 2009, Komisi Perlindungan Konsumen di Negeri Paman Sam sudah melarang produksi sekaligus pendistribusian mainan dan seluruh peralatan yang mengandung bahan kimia phtalathe. Pthalate adalah bahan kimia yang menjadi salah satu komponen utama benda yang terbuat dari plastik atau vinyl. Pada mainan anak, bahan ini bisa ditemukan pada gelas plastik milik anak, bola pantai, dan lain sebagainya.

Pthalate memiliki sifat polutan, sehingga paparan dalam tingkatan yang tinggi dapat mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan pada anak. Salah satu gangguan kesehatan yang paling umum diakibatkan oleh kontaminasi zat kimia Pthalate adalah gangguan hormon pada anak. Salah satu wujud dari gangguan ketidakseimbangan hormon pada anak adalah anak mengalami pubertas dini. Bahkan tidak mungkin gangguan hormon tersebut bisa berdampak pada tingkat fertilitas anak ketika ia menginjak usia dewasa kelak.

Tak hanya itu, kontaminasi Pthalate juga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, yang seringkali ditandai dengan anak mengalami diare atau masalah pencernaan lainnya. Zat kimia tersebut juga bisa mengganggu fungsi sel jantung sehingga mengakibatkan peningkatan tekanan darah sistolik pada anak. Tekanan darah tersebut lah yang menyebabkan anak terserang hipertensi. Jika dibiarkan saja tanpa dilakukan tindakan medis, tidak hanya jantung anak saja yang berisiko rusak, tetapi juga berdampak pada otak anak.

Siapa yang menyangka bahwa ternyata ancaman dari mainan plastik bisa sedemikian besar ya, Moms? Satu-satunya cara untuk mencegah hal-hal mengerikan tersebut terjadi pada anak, adalah dengan meminimalisir atau lebih bagus lagi jika Anda bisa benar-benar menghapuskan kontak antara anak dengan mainan berbahan plastik. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Mengganti semua alat makan dan alat permainan anak dengan produk berlabel pthalate-free dan PVC (PolyVinyl Chloride)-free
  • Jangan tergiur dengan tawaran alat permainan dan alat makan yang tersedia dengan harga yang sangat murah. Ingat, semakin murah barang tersebut maka kualitas bahan yang digunakan pun wajib untuk diragukan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Pthalate, Bahaya Mainan Plastik Anak"