Wow, Ini Lho Ternyata Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

Sayuran kangkung adalah salah satu jenis masakan rumah yang paling populer. Banyak orang memanfaatkan tanaman yang juga disebut dengan water spinach ini untuk disajikan dalam masakan tumis sayur yang cocok disantap kapanpun. Sayangnya tidak banyak orang yang gemar menyantap sayuran ini, terutama setelah kabar ditemukannya lintah di dalam batang kangkung. Tak hanya itu, kangkung juga dianggap berbahaya bagi ibu hamil. Padahal sebenarnya yang ada justru manfaat kangkung untuk ibu hamil. Apa saja?

  • Membantu Mengatasi Sembelit

Salah satu manfaat kangkung untuk ibu hamil adalah membantu meredakan gejala sembelit. Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Untuk memperlancar buang air besar saat hamil pun sebenarnya sangat sederhana, yaitu memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat. And yup! Salah satunya adalah kangkung. Dalam 100 gram kangkung terdapat nutrisi serat sebesar 2,1 gram. Lumayan kan untuk menambahkan asupan serat harian Anda?

  • Membantu Membentuk dan Memperkuat Tulang Bayi

Selain susu, kacang-kacangan, dan brokoli, sayuran hijau kangkung ternyata juga kaya akan kandungan kalsium. Kalsium tidak hanya dibutuhkan untuk merawat tulang ibu agar senantiasa kuat, tapi juga membantu proses pembentukan tulang bayi. Asupan kalsium yang cukup selama kehamilan membantu menghindarkan ibu dari bahaya osteoporosis sekaligus membantu memperkecil resiko terjadinya kecacatan tulang pada janin Anda.

  • Membantu Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah adalah gejala penyakit yang paling sering menimpa ibu hamil di usia kehamilan trimester tengah atau akhir. Janin Anda akan membutuhkan supply darah merah yang jauh lebih besar dari sebelumnya, sehingga Anda perlu memastikan bahwa darah merah Anda mencukupi, baik untuk janin maupun Anda sendiri.

Untuk mencegah anemia, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Salah satunya adalah sayuran kangkung. Konsumsi sayur kangkung bisa dijadikan variasi lauk-pauk untuk mencegah Anda dari rasa kebosanan.

  • Membantu Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Selain bermanfaat untuk mencegah konstipasi, serat yang ada di dalam kangkung juga bermanfaat untuk membantu memaksimalkan proses penyerapan nutrisi makanan. Alhasil nutrisi di dalam makanan yang Anda makan pun akan terserap dan tersalurkan pada sel-sel tubuh dan juga pada si kecil dengan lebih maksimal.

Tapi, tetap saja sebaiknya Anda mencuci dan memasak sayur kangkung hingga matang untuk mencegah masuknya bakteri atau kuman penyebab penyakit. Nah, selamat menikmati hidangan kangkung sehat!

author
No Response

Leave a reply "Wow, Ini Lho Ternyata Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil"