Yang Harus Diketahui dari Syarat Pendonor ASI

Selama 6 bulan setelah ia lahir, bayi Anda membutuhkan asupan ASI eksklusif untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Sebagai orangtuanya, tentu saja sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Tapi memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa keadaan yang mengakibatkan ibu tidak dapat atau malah dilarang untuk menyusui sang anak. Di situlah peran seorang pendonor ASI sangat penting, karena melalui merekalah ibu masih dapat memberikan asupan ASI pada anaknya. Tertarik ingin membantu ibu dan anak yang membutuhkan sumbangan ASI? Tapi sebelumnya, Anda wajib tahu terlebih dulu apa saja syarat pendonor ASI.

  • Bayi Sudah Harus Lepas ASI

Syarat pendonor ASI yang pertama adalah, anak Anda sendiri harus sudah berusia lebih dari 6 bulan dan tidak membutuhkan ASI. Tidak lucu kan jika Anda berniat untuk membantu orang lain sedangkan anak Anda juga masih sangat membutuhkan asupan ASI?

  • Tidak Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Syarat yang kedua adalah pendonor ASI tersebut tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga tidak merokok. Alasannya sangat sederhana, karena kandungan racun yang terdapat di dalam rokok dan minuman beralkohol tersebut bisa mengkontaminasi ASI dan mengakibatkan masalah-masalah kesehatan pada bayi.

  • Tidak Menjadi Resipien Transfusi Darah/Tranplantasi Organ

Selama 12 bulan terakhir paling tidak, Anda tidak berstatus sebagai resipien dari transfusi darah maupun transplantasi organ dan jaringan. Hal tersebut untuk menghindari kemungkinan adanya infeksi virus HIV.

  • Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Menular

Untuk menjadi seorang pendonor ASI, Anda dan juga pasangan perlu memastikan bahwa kedua belah pihak bukan penderita penyakit yang ditularkan melalui darah, seperti Hepatitis, HIV, Human T-Lymphotrophic Virus 2 (HTLV2), maupun virus HPV.

  • Tidak Dalam Masa Medikasi

Syarat wajib lainnya untuk menjadi seorang pendonor ASI adalah bersih dari konsumsi obat-obatan, baik obat medikasi maupun obat-obatan terlarang. Dikhawatirkan kandungan kimia di dalam obat tersebut menimbulkan efek negatif pada organ-organ tubuh bayi yang memang belum memiliki sistem metabolisme yang baik.

  • Bersedia Menjalani Berbagai Macam Tes dan Pelatihan

Sebelum Anda officially diterima menjadi seorang pendonor ASI, Anda perlu melakukan serangkaian tes medis. Beberapa di antaranya adalah pemeriksaan HIV, HTLV, Sifilis, Hepatitis B dan C, serta CMV. Ada kalanya pemeriksaan tersebut akan dilakukan kembali setiap 3 bulan jika hasil dari tes pertama meragukan.

Selain itu, Anda juga perlu mengikuti pelatihan mengenai cara memerah ASI, metode penyimpanan ASI yang benar, dan juga cara menjaga kebersihan dan kesterilan dari ASI perah Anda.

Nah, adakah dari Anda yang memenuhi syarat pendonor ASI di atas?

author
No Response

Leave a reply "Yang Harus Diketahui dari Syarat Pendonor ASI"