Yuk, Rawat Gigi si Kecil dengan Baik

No comment 664 views

perawatan gigi bayi

Menjalani peran sebagaiĀ  orang tua bukanlah suatu peranan yang mudah. Sebab, banyak hal yang harus diperhatikan seperti perawatan bayi dan kebutuhan nutrisinya.

Biasanya, ibu baru banyak mengeluhkan tentang cara merawat bayi yang belum dikuasainya dengan baik. Salah satuya adalah merawat gigi susu si Kecil yang sudah banyak tumbuh.

Bukan perkara mudah untuk merawat gigi si Kecil agar tidak keropos atau karies. Bagaimana pun, gigi susu ini perlu dirawat dengan baik meskipun suatu hari nanti akan tanggal. Jika masih bingung memberikan perawatan gigi bayi, yuk simak informasi menarik yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini: (Baca juga: Sudahkah Mainan si Kecil Sesuai Usianya?)

  • Hindari Makanan Manis

Makanan manis seperti permen dan cokelat banyak digemari anak-anak. Sisa makanan ini biasanya menempel pada sela-sela gigi sehingga dapat menimbulkan masalah baru seperti gigi berlubang dan plak.

Oleh karena itu, untuk menjada kesehatan gigi balita, hindari makanan yang manis dari menu camilannya setiap hari. Sesekali Anda bisa memberinya makanan manis, tetapi pastikan usai makan si Kecil diajak menggosok gigi atau berkumur hingga bersih.

  • Hindari Minuman Manis Sebelum Tidur

Biasanya, orang tua memberikan susu atau teh manis sebelum tidur agar si Kecil dapat tidur dengan nyenyak. Namun, niatan baik ini justru menimbulkan masalah baru untuk giginya. Sisi gula yang menempel pada gigi dapat memicu bakteri sehingga dapat merusak gigi. Sebagai pengganti minuman manis, berikan saja air putih yang jauh lebih sehat dan banyak manfaat.

  • Rajin Membersihkan Gigi

Mengajari si Kecil untuk hidup sehat dan bersih harus dimulai sejak dini. Membiasakan menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur secara rutin merupakan kebiasaan baik yang bisa diajarkan sejak kecil.

Untuk membangkitkan semangat sikat gigi, biarkan si Kecil memilih pasta dan sikat gigi sesuai seleranya. Pastikan bahwa pasta gigi yang dipilihnya mengandung fluoride yang dapat membantu menguatkan dan menghindarkan dari bahaya gigi berlubang.

  • Rutin ke Dokter Gigi

Ajak si Kecil untuk memeriksakan giginya setiap 6 bulan sekali. Meskipun telah memberikan perawatan yang baik, tetapi cara ini harus tetap dilakukan. Hal ini juga penting untuk dilakukan agar dapat melihat perkembangan dan pertumbuhan giginya.

Mudah kan, merawat gigi si Kecil? Perawatan bayi ini harus dilakukan dengan baik agar kelak ia bangga dengan giginya yang putih bersih dan tertata rapi. Dengan begitu, si Kecil percaya diri untuk tersenyum manis pada semua orang. Jaga gigi si Kecil dengan baik, ya!

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Rawat Gigi si Kecil dengan Baik"